Cile Diguncang Gempa, Belum Ada Laporan Kerusakan-Korban Jiwa

Syahidah Izzata Sabiila - detikNews
Minggu, 24 Jan 2021 11:53 WIB
Ilustrasi gempa bumi (iStock)
Foto: Ilustrasi gempa bumi (iStock)
Santiago -

Dua gempa bumi yang hampir bersamaan dirasakan Sabtu (23/1) di Kepulauan Shetland Selatan di Antartika dan di Cile tengah, tempat bangunan-bangunan berguncang di ibu kota negara. Dilaporkan tidak ada korban atau kerusakan.

Dilansir dari Associate Press, Minggu (24/1/2021),Survei Geologi AS menyebut gempa di Kepulauan Shetland Selatan berkekuatan 6,9 skala richter dengan kedalaman 9,6 kilometer, sedangkan gempa di Cile berkekuatan 5,8 skala Richter.

Melalui Twitter, Kementerian Dalam Negeri Cile mengatakan bahwa gempa Kepulauan Shetland Selatan berada di 216 kilometer timur laut dari pangkalan ilmiah O'Higgins negara itu. Pihaknya menyerukan agar wilayah pesisir di Antartika dievakuasi karena risiko tsunami.

Hampir secara bersamaan gempa berkekuatan 5,8 mengguncang bangunan di Cile tengah, termasuk di ibu kota Santiago. Gempa itu memiliki kedalaman 110 kilometer.

"Sampai saat ini, tidak ada laporan kerusakan pada orang atau infrastruktur atau perubahan pada layanan dasar karena gempa ini," kata Onemi, pusat darurat nasional Cile.

Sejumlah warga di Cile menerima pesan evakuasi di ponsel mereka,yang oleh pihak berwenang dianggap sebagai kesalahan teknis. Kesalahan tersebut menimbulkan kebingungan.

Media lokal menunjukkan ratusan orang mulai mengungsi di wilayah pesisir La Serena di utara negara itu. Mereka kemudian diberitahu bahwa pesan tersebut adalah alarm palsu.

"Lebih dari 160 orang dievakuasi dari empat pangkalan Cile di Antartika," lapor Onemi.

(izt/gbr)