Round-Up

Paman Sam Berdamai dengan WHO Selepas Biden Ambil Kursi Trump

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 23 Jan 2021 04:40 WIB
Covid-19: Joe Biden keluarkan 10 perintah eksekutif untuk perangi pandemi virus corona
Foto: Presiden AS Joe Biden (BBC World)
Washington DC -

Amerika Serikat (AS) kembali berdamai dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Negeri Paman Sam itu kembali melanjutkan pendanaan untuk WHO usai Presiden Joe Biden merebut kursi Donald Trump.

Pendanaan untuk WHO sempat dihentikan oleh mantan Presiden Donald Trump. Biden mengupayakan kerja sama internasional lebih luas dalam memerangi pandemi virus Corona (COVID-19).

Seperti dilansir AFP, Jumat (22/1/2021), pada hari pertama menjabat pada Rabu (20/1) waktu setempat, Biden mengonfirmasi pemerintahannya membatalkan keputusan Trump untuk membawa AS keluar dari keanggotaan WHO.

Pada hari kedua, kepala penasihat medis Biden, Anthony Fauci, mengonfirmasi bahwa AS akan melanjutkan pendanaan yang besar untuk anggaran WHO, yang membuat lega para pakar kesehatan internasional.

"Dalam situasi yang sulit, organisasi ini telah mengumpulkan komunitas sains dan penelitian dan pengembangan untuk mempercepat vaksin, terapi, dan diagnosis," ucap Fauci dalam rapat WHO via video conference.

Biden diketahui kerap mengkritik pendekatan Trump dalam memerangi Corona di AS, yang sejauh ini menewaskan lebih dari 400 ribu orang.

Selanjutnya
Halaman
1 2