Gempa M 7,1 di Timur Laut Sulut Juga Guncang Filipina

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Kamis, 21 Jan 2021 21:44 WIB
Seismograf, alat pencatat getaran gempa. Ilustrasi gempa bumi
Foto: Ilustrasi gempa (Robby Bernardi/detikcom)
Manila -

Gempa berkekuatan magnitudo (M) 7,1 di Timur Laut Melonguane, Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara juga mengguncang di Filipina. Warga dilaporkan berhamburan ke luar.

Dilansir AFP, Kamis (21/1/2021), listrik di Kota Jose Abad Santos, Davao Occidental padam selama 15 menit setelah gempa mengguncang. Kepala Polisi Kapten Glabynarry Murillo mengatakan, penduduk tampak bergegas keluar.

"Dari sudut pandang kami di kantor polisi, kami melihat banyak penduduk bergegas keluar," kata Murillo.

"Kami juga bergegas keluar karena kantor polisi adalah gedung tiga lantai," sambungnya.

Institut Vulkanologi dan Seismologi Filipina memperingatkan gempa susulan. Namun, gempa diperkirakan tidak merusak.

"Terasa sangat luas karena ini adalah gempa besar tetapi dalam sehingga tidak akan merusak infrastruktur karena jauh (dari pulau)," kata Direktur Institut Vulkanologi dan Seismologi Filipina, Renato Solidum, kepada stasiun radio DZBB.

Untuk diketahui, gempa tersebut dilaporkan terjadi pada pukul 19.23 WIB di wilayah Laut Filipina, atau tepatnya 134 km Timur Laut Melonguane, Sulut. Gempa berpusat di laut dengan kedalaman 154 km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya aktivitas subduksi lempeng Filipina," jelasnya.

Gempa dirasakan dengan skala IV MMI di Melonguane, IV Tahuna, IV Ondong, III Manado, IV Bitung, II Bolaang Uki, II-III Gorontalo, II-III Halmahera Utara, dan II-III Galela.

Gempa skala IV MMI artinya dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi. Sementara skala II MMI getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Lalu skala II MMI diartikan getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

(mae/idn)