Joe Biden Beri Secercah Harapan Bagi Migran di Perbatasan Meksiko-AS

Syahidah Izzata Sabiila - detikNews
Kamis, 21 Jan 2021 13:32 WIB
Janji Biden ditagih Meksiko di tengah bentrokan ribuan imigran dengan polisi di perbatasan
Joe Biden memberikan secercah harapan bagi migran (Foto: BBC World)
Meksiko -

Para migran yang terdampar di perbatasan Meksiko-AS menaruh harapan baru usai pelantikan Presiden AS, Joe Biden. Biden telah memberi optimisme baru bagi para migran setelah bertahun-tahun menghadapi kebijakan keras Donald Trump.

"Kami sangat senang. Kami merasa ada harapan lagi," kata Jessica Valles asal Nikaragua, yang telah tinggal di kota perbatasan Ciudad Juarez di Meksiko selama 18 bulan.

Melansir dari AFP, Kamis (21/1/2021), Valles menyaksikan pelantikan Biden di televisi di tempat penampungan bersama dengan migran lainnya yang terjebak di Meksiko utara.

"Pelantikan ini membuat kami merasa lebih percaya diri dan kami melihat bahwa presiden baru akan memikirkan kami," kata Fatima, migran dari El Salvador yang telah berada di Meksiko selama dua tahun.

"Kami semua adalah manusia dan kami semua memiliki hak untuk hidup yang lebih baik," imbuhnya.

Trump memicu kemarahan selama kampanye kepresidenannya tahun 2016 ketika dia mencap migran Meksiko sebagai 'pemerkosa dan pengedar narkoba'. Trump juga mencetuskan pembangunan tembok perbatasan AS dan Meksiko.

Kebijakan "tanpa toleransi" yang diluncurkan pada 2018 membuat ribuan anak dipisahkan dari orang tua mereka di perbatasan. Hal ini merupakan taktik yang dimaksudkan untuk menakut-nakuti keluarga.

Di bawah program Trump "Tetap di Meksiko", puluhan ribu pencari suaka non-Meksiko -kebanyakan dari Amerika Tengah- dikirim kembali ke perbatasan sambil menunggu hasil dari permohonan suaka mereka.

Selanjutnya
Halaman
1 2