Pelantikan Berakhir, Kamala Harris Antar Pence Tinggalkan Gedung Capitol

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 21 Jan 2021 01:26 WIB
Momen saat Wapres AS, Kamala Harris, mengantarkan mantan Wapres AS, Mike Pence, saat meninggalkan Gedung Capitol AS
Momen saat Wapres AS, Kamala Harris, mengantarkan mantan Wapres AS, Mike Pence, saat meninggalkan Gedung Capitol AS (CNN)
Washington DC -

Wakil Presiden Amerika Serikat (AS), Kamala Harris, mengantarkan mantan Wakil Presiden AS, Mike Pence, saat hendak meninggalkan Gedung Capitol AS. Momen ini sedikit tidak biasa karena biasanya yang disorot adalah momen sang Presiden AS yang mengantarkan mantan Presiden AS yang mengakhiri masa jabatannya.

Seperti dilansir CNN, Kamis (21/1/2021), Harris yang didampingi suaminya, Doug Emhoff, tampak mengawal Pence dan istrinya, Karen, saat menuruni tangga Gedung Capitol AS usai seremoni pelantikan selesai digelar pada Rabu (20/1) waktu setempat.

Harris dan suaminya tampak sempat mengobrol dan tertawa bersama Pence dan istrinya.

Harris mengantar Pence hingga memasuki kendaraannya. Pence dilaporkan akan kembali ke Indiana, kampung halamannya, setelah mengakhiri masa jabatannya.

Momen Harris mengantar Pence saat meninggalkan Gedung Capitol AS yang menjadi sorotan utama ini menjadi pengingat bahwa ada tradisi yang ditinggalkan dalam pelantikan kali ini.

Tradisi tersebut adalah momen Presiden baru AS mengantarkan mantan Presiden AS saat meninggalkan Gedung Capitol AS. Dengan Donald Trump menolak hadir, maka Presiden ke-46 AS, Joe Biden, tidak melakukan hal serupa usai pelantikannya.

Trump diketahui terbang meninggalkan Gedung Putih di Washington DC saat masih menjabat Presiden AS. Saat Biden resmi dilantik di Gedung Capitol, Trump sudah mendarat di Palm Beach, Florida.

(nvc/rdp)