Terbang Terakhir Kali dengan Air Force One, Trump Tinggalkan Washington DC

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 20 Jan 2021 21:22 WIB
President Donald Trump and first lady Melania Trump board Air Force One at Andrews Air Force Base, Md., Wednesday, Jan. 20, 2021.(AP Photo/Manuel Balce Ceneta)
Donald Trump dan Melania menaiki Air Force One untuk terbang ke Florida (AP/Manuel Balce Ceneta)
Washington DC -

Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, terbang meninggalkan Washington DC menuju Florida usai menyampaikan pidato terakhirnya di Joint Base Andrews. Untuk terakhir kalinya, Trump terbang dengan menggunakan pesawat kepresidenan AS, Air Force One.

Seperti dilansir CNN, Rabu (20/1/2021), Trump dengan didampingi istrinya, Melania, menaiki Air Force One yang menunggu mereka di Joint Base Andrews pada Rabu (20/1) pagi waktu setempat. Alunan lagi 'My Way' dari Frank Sinatra mengiringi keberangkatan Trump ke Florida dengan Air Force One.

Sebelumnya, Trump menyampaikan pidato terakhir sebagai Presiden AS di Joint Base Andrews. Dalam pidatonya, dia berterima kasih kepada keluarga dan para stafnya atas kerja keras mereka selama empat tahun masa kepresidenannya.

Trump juga memuji Melania sebagai Ibu Negara AS yang disebutnya bermartabat dan sangat populer.

Tak lupa, Trump berterima kasih kepada Kepala Stafnya, Mark Meadows dan Wakil Presiden, Mike Pence, yang mendampinginya selama empat tahun terakhir. Pence sendiri tidak menghadiri seremoni perpisahan Trump, namun akan menghadiri pelantikan Biden.

Trump mendobrak tradisi dengan terbang meninggalkan Washington DC saat masih menjabat sebagai Presiden AS. Dia pergi meninggalkan Gedung Putih pada pagi hari sebelum Biden dilantik dengan helikopter kepresidenan AS, Marine One, dan terbang ke Florida dengan Air Force One.

Biasanya, penerbangan terakhir Presiden AS yang mengakhiri jabatannya disebut sebagai Special Air Mission karena pesawat kepresidenan hanya bisa digunakan oleh Presiden AS yang aktif menjabat.

Dengan kepergian Trump dari Gedung Putih saat masih menjabat Presiden AS, maka dia masih aktif menjabat selama penerbangannya ke Florida. Trump akan resmi mengakhiri masa jabatannya pada Rabu (20/1) siang waktu AS, saat Biden resmi dilantik.

(nvc/rdp)