Round-Up

Isu 'Musuh dalam Selimut' saat Biden Dilantik Tak Bikin Pentagon Panik

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 19 Jan 2021 21:05 WIB
The U.S. Capitol is seen between flags placed on the National Mall ahead of the inauguration of President-elect Joe Biden and Vice President-elect Kamala Harris, Monday, Jan. 18, 2021, in Washington.
Foto: Menjelang pelantikan Joe Biden (AP/Alex Brandon)
Washington DC -

Departemen Pertahanan AS atau Pentagon tak merasa panik dengan isu 'musuh dalam selimut' atau insider attack saat pelantikan Presiden AS Joe Biden. Sebab, Pentagon sejauh ini tidak mendapati indikasi ancaman itu.

Seperti dilansir Reuters, Selasa (19/1/2021), FBI akan membantu militer AS dalam memeriksa lebih dari 25.000 pasukan Garda Nasional untuk melindungi Capitol AS. Hal itu dilakukan karena adanya potensi masalah keamanan menjelang pelantikan Presiden terpilih Joe Biden.

Serangan para pendukung presiden Donald Trump di gedung Capitol pada Rabu (6/1/2021) mengakibatkan kematian sebanyak 5 orang dan membuat anggota parlemen sampai bersembunyi di gedung Capitol. Untuk mencegah kejadian serupa, otoritas AS telah meningkatkan keamanan di sekitar Capitol, termasuk pemasangan pagar kawat dan melarang publik mendekati zona yang sudah diamankan.

"Pemeriksaan adalah hal normal sebagai dukungan militer untuk peristiwa keamanan besar. Meskipun kami tidak memiliki intelijen yang menunjukkan ancaman orang dalam, kami tidak melewatkan pengamanan ibu kota," kata Plt Menteri Pertahanan, Christopher Miller dalam sebuah pernyataan pada hari Senin (18/1/2021).

Miller menghargai dukungan FBI dalam membantu tugas pengamanan dan mendukung pada lebih dari 25.000 Pengawal.

The Washington Post melaporkan pada hari Senin (18/1/2021) bahwa FBI dalam sebuah laporan intelijen memperingatkan lembaga penegak hukum bahwa ekstremis sayap kanan telah mendiskusikan mengenai penyamaran sebagai anggota Garda Nasional di Washington. Lebih lanjut, laporan FBI itu tidak mengidentifikasi plot khusus untuk menyerang acara pelantikan.

Selanjutnya
Halaman
1 2