India Vaksinasi Corona 200 Ribu Orang Sehari, Lebih Tinggi dari Barat

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 18 Jan 2021 17:40 WIB
Vaksin Covid-19: Bisakah India memenuhi 60% permintaan dunia dan kebutuhan dalam negeri?
Ilustrasi (dok. BBC World)
New Delhi -

Lebih dari 200 ribu orang telah disuntik vaksin virus Corona (COVID-19) pada hari pertama program vaksinasi massal di India. Angka ini diklaim lebih tinggi dari negara-negara Barat yang telah memulai program vaksinasi Corona beberapa waktu terakhir.

Seperti dilansir CNN, Senin (18/1/2021), Kementerian Kesehatan India dalam pernyataannya pada Minggu (17/1) waktu setempat mengumumkan bahwa otoritas India telah memvaksinasi 224.301 orang pada hari pertama program vaksinasi massal yang digelar mulai Sabtu (16/1) waktu setempat.

"Jauh lebih tinggi dari kebanyakan negara lainnya seperti Amerika Serikat, Inggris, dan Prancis," sebut Kementerian Kesehatan India.

Ditambahkan Kementerian Kesehatan India bahwa sejauh ini ada 447 insiden dilaporkan setelah vaksinasi dilakukan, dengan tiga orang di antaranya dirawat di rumah sakit. Tidak dijelaskan langsung soal insiden-insiden tersebut.

"Protokol diterapkan untuk pelaporan, penanganan kasus segera di lokasi vaksinasi, transportasi dan rawat inap di rumah sakit, dan perawatan lebih lanjut untuk kasus semacam itu," jelas Kementerian Kesehatan India dalam pernyataannya.

Dalam pernyataan terpisah pada Minggu (17/1) waktu setempat, Menteri Kesehatan India, Dr Harsh Vardhan, menyelamati negara bagian yang sukses meluncurkan vaksinasi Corona massal.

"Perdana Menteri telah melakukan komunikasi secara terus-menerus dengan Kepala Menteri negara bagian ... kita telah mengembangkan kerangka waktu dan rencana bersama yang sesuai dengan apa yang kita semua lakukan ... kita perlu berpegang pada rencana untuk memenuhi target kita," tegas Vardhan.

Selanjutnya
Halaman
1 2