Kasusnya Dipantau AS, Dokter Ini Dapat Pengurangan Hukuman di Arab Saudi

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 18 Jan 2021 12:52 WIB
ilustrasi penjara
ilustrasi (Foto: andi saputra)
Riyadh -

Pengadilan banding Arab Saudi mengurangi vonis yang dijatuhkan terhadap seorang dokter berkewarganegaraan Amerika Serikat (AS)-Saudi dan menangguhkan sisa masa hukumannya. Itu berarti sang dokter tidak perlu lagi menjalani masa hukuman di dalam penjara.

Seperti dilansir Reuters, Senin (18/1/2021), dokter terkemuka berkewarganegaraan ganda, Walid al-Fitaihi divonis 6 tahun penjara oleh pengadilan Saudi, bulan lalu. Kasus ini dipantau secara saksama oleh otoritas AS dan vonis yang dijatuhkan terhadap sang dokter dikecam para Senator AS.

Al-Fitaihi ditahan sejak tahun 2017 lalu, di bawah operasi antikorupsi yang dicetuskan Putra Mahkota Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman (MBS).

Bulan lalu, Al-Fitaihi juga dikenai larangan bepergian selama 6 tahun oleh otoritas Saudi. Diketahui bahwa Al-Fitaihi belum mulai menjalani masa hukumannya karena menunggu putusan pengadilan banding.

Dalam putusan terbaru menurut dokumen bertanggal 14 Januari, pengadilan banding Saudi mengurangi vonis Al-Fitaihi menjadi 3,2 tahun penjara dan mengurangi larangan bepergiannya menjadi 38 bulan.

Menurut dokumen pengadilan yang dilihat Reuters itu, Al-Fitaihi tidak perlu menjalani sisa masa hukumannya di penjara karena pengadilan banding mengurangkan vonis itu dengan waktu yang dihabiskannya di dalam penjara selama persidangan berlangsung dan menangguhkan sisa masa hukumannya.

Putusan pengadilan banding Saudi ini diumumkan menjelang pelantikan Presiden terpilih AS, Joe Biden, pada Rabu (20/1) mendatang. Biden sebelumnya menegaskan dirinya akan mengambil sikap lebih tegas terhadap catatan HAM Saudi.

Selanjutnya
Halaman
1 2