Pejabat AS Ditangkap Terkait Rusuh Massa Trump di Capitol

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 18 Jan 2021 09:42 WIB
House of Representatives (HOR) atau DPR AS mulai mempertimbangkan pemakzulan kedua Donald Trump. Ia secara resmi dituduh menghasut pemberontakan dan penyerbuan para pendukungnya di gedung parlemen, Capitol Hill, Rabu (6/1/2021) lalu.
Ilustrasi -- Momen saat pendukung Trump menyerbu Gedung Capitol AS pada 6 Januari lalu (dok. AP Photo)
Washington DC -

Departemen Kehakiman Amerika Serikat (AS) mengumumkan bahwa pihaknya menangkap seorang pejabat distrik dari New Mexico terkait kerusuhan di Gedung Capitol AS. Sang pejabat distrik ini diduga ikut menyerbu Gedung Capitol AS bersama para pendukung Presiden Donald Trump pada 6 Januari lalu.

Seperti dilansir Reuters, Senin (18/1/2021), sang pejabat distrik itu juga bersumpah akan pergi ke Washington DC sambil membawa senjata api untuk memprotes pelantikan Presiden terpilih AS, Joe Biden, pada Rabu (20/1) mendatang.

Dokumen Departemen Kehakiman AS menyebut Cuoy Griffin yang seorang pejabat komisioner distrik di New Mexico itu, ditangkap di Washington atas dakwaan terlibat serangan ke Gedung Capitol AS pada 6 Januari lalu. Dia juga disebut sebagai pendiri sebuah kelompok bernama 'Cowboys for Trump'.

Menurut dokumen yang dipublikasikan pada situs Departemen Kehakiman AS itu, Griffin merupakan salah satu dari ribuan orang yang menyerbu Gedung Capitol AS dalam upaya menghalangi Kongres AS mengesahkan kemenangan Biden dalam pilpres AS 2020.

Disebutkan bahwa Griffin berdiri di bagian tangga Gedung Capitol AS -- yang masuk area terlarang, namun tidak ikut masuk ke dalam.

Usai rusuh Gedung Capitol AS, Griffin mengungkapkan dirinya berencana kembali menjelang pelantikan Biden, pekan ini. "Jika kita melakukannya, maka itu akan menjadi hari yang menyedihkan, karena akan ada darah yang mengalir dari gedung itu," ucapnya dalam video yang diposting ke Facebok, menurut dokumen Biro Investigasi Federal (FBI).

Kembali ke New Mexico, Griffin menyatakan dalam sebuah pertemuan di Dewan Otero County pada Kamis (14/1) lalu bahwa dirinya berencana untuk berkendara ke Washington DC dengan membawa senapan dan sepucuk revolver. Griffin dijerat dakwaan masuk tanpa izin oleh Departemen Kehakiman AS.

Selanjutnya
Halaman
1 2