Mulai Vaksinasi, India Target 300 Juta Warganya Divaksin Corona

Isal Mawardi - detikNews
Sabtu, 16 Jan 2021 05:44 WIB
Otoritas India melaporkan lebih dari 73 ribu kasus virus Corona dalam sehari di wilayahnya. Total kasus Corona di India semakin mendekati angka 7 juta kasus.
Foto: AP Photo
New Delhi -

India memulai vaksinasi Corona. Otoritas India menargetkan 300 juta dari 1,3 miliar warganya sudah divaksin Corona pada Juli 2021.

Dilansir dari AFP, petugas kesehatan dan orang yang berusia di atas 50 tahun akan menjadi prioritas vaksinasi. Mereka dapat memilih salah satu dari dua vaksin yang digunakan pemerintah India.

Perdana Menteri India Narendra Modi meluncurkan program vaksinasi corona secara virtual di New Delhi. Di hari pertama, 300 ribu warga India bakal menerima vaksinasi Corona.

Sekitar 150.000 tenaga kesehatan di 700 distrik telah dilatih secara khusus terkait vaksinasi Corona. Otoritas India telah melakukan beberapa uji coba vaksin skala nasional.

Covid-19 di India: Jutaan warga kekurangan air bersih dan hidup tempat kotor, apa membuat mereka lebih kebal virus corona?Covid-19 di India: Jutaan warga kekurangan air bersih dan hidup tempat kotor, apa membuat mereka lebih kebal virus corona? (Foto: BBC World)

Dua vaksin Corona yang digunakan India, yakni vaksin Covishield dari AstraZeneca yang dibuat oleh mitra lokal Institut Serum, dan vaksin Covaxin dari Bharat Biotech, telah disetujui oleh regulator India.

Namun kedua jenis vaksin itu perlu disimpan di lemari pendingin setiap waktu. Oleh karenanya, otoritas India mempersiapkan total 29 ribu titik jaringan pendingin, 240 walk-in cooler, 70 walk-in freezer, 45 ribu lemari pendingin berlapis es, 41 ribu lemari pendingin dalam dan 300 lemari pendingin bertenaga surya.

India juga memiliki empat 'mega depot' untuk menerima pasokan vaksin Corona dan mendistribusikannya ke pusat-pusat distribusi wilayah dengan van-van yang dilengkapi pengatur suhu.

(isa/isa)