Viral, Momen Pasukan Garda Nasional Ramai-ramai Tidur di Lantai Capitol

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 14 Jan 2021 11:24 WIB
Hundreds of National Guard troops hold inside the Capitol Visitors Center to reinforce security at the Capitol on Wednesday, Jan. 13, 2021, in Washington, D.C.(J. SCOTT APPLEWHITE/AP)
Ratusan personel Garda Nasional AS tidur di lantai saat ditugaskan menjaga Gedung Capitol AS usai rusuh pekan lalu dan menjelang pelantikan Joe Biden (J. SCOTT APPLEWHITE/AP)
Washington DC -

Pemandangan tidak biasa terlihat di dalam Gedung Capitol Amerika Serikat (AS). Ratusan personel Garda Nasional AS yang ditugaskan menjaga Gedung Capitol AS, tampak tidur di lantai dan memenuhi salah satu bagian gedung simbol demokrasi AS tersebut. Foto tersebut viral dan mengundang berbagai komentar.

Seperti dilansir Associated Press dan US News & World Report, Kamis (14/1/2021), para personel Garda Nasional AS itu ditugaskan membantu Kepolisian Capitol AS dalam mengamankan Gedung Capitol AS usai diserbu para pendukung Presiden Donald Trump pada 6 Januari lalu.

Mereka juga ditugaskan menjaga keamanan saat pelantikan Presiden terpilih AS, Joe Biden, akan digelar pada 20 Januari mendatang.

Area halaman Gedung Capitol AS telah dipasangi pagar setinggi 2 meter sebagai pengamanan jelang pelantikan Biden. Puluhan penegak hukum serta tentara AS dikerahkan untuk mengawasi area sekitar secara cermat.

Para personel Garda Nasional AS yang telah disiagakan di Gedung Capitol AS tampak tertidur di atas lantai marmer. Mereka membentuk kerumunan di dalam ruangan aula besar yang ada di area Visitor Center Gedung Capitol AS dan jumlahnya yang banyak menyulitkan mereka melakukan social distancing di tengah pandemi virus Corona (COVID-19). Namun untuk melindungi mereka dari Corona, para personel Garda Nasional AS itu memakai masker.

Melihat pemandangan itu, anggota DPR AS dari Partai Republik, Brian Mast, mengaku terkejut dan merasa sedih. Mast merupakan veteran militer AS yang kehilangan kedua kakinya dalam perang di Afghanistan. Dia menekankan bahwa begitu banyak tentara AS yang dianggap perlu untuk dikerahkan demi menjaga keamanan Gedung Capitol AS saat ini.

"Sungguh menyedihkan," ucapnya.

Gedung Capitol AS memang selalu mengalami peningkatan keamanan menjelang pelantikan presiden, namun jarang terlihat seperti saat ini ketika seolah-olah negara ini sedang berperang. Situasi di mana banyak tentara AS terbaring di lantai di dalam satu ruangan memicu berbagai reaksi publik, termasuk yang menganggapnya tidak layak.

Selanjutnya
Halaman
1 2