WHO Kecewa Tim Penyelidik Asal-usul Corona Ditolak Masuk, Ini Kata China

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 06 Jan 2021 16:26 WIB
Stasiun kereta bawah tanah di Beijing ramai penumpang saat jam sibuk. Diketahui, Pemerintah China melakukan sejumlah upaya guna cegah varian baru virus Corona.
Ilustrasi -- Situasi pandemi Corona di China (AP Photo/Andy Wong)
Beijing -

Otoritas China menanggapi penundaan misi tim ahli Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang direncanakan sejak lama untuk menyelidiki asal-usul virus Corona (COVID-19). Ditegaskan China bahwa masalah yang muncul dengan tim WHO bukan hanya soal visa.

Seperti dilansir AFP, Rabu (6/1/2021), setahun setelah pandemi Corona merebak, tim ahli kesehatan internasional diperkirakan tiba di China pada pekan ini dalam kunjungan yang sangat politis untuk mengeksplorasi awal kemunculan virus mematikan, yang pertama terdeteksi di Wuhan akhir tahun 2019.

Misi sensitif ini diwarnai penundaan dan isu politik yang kental, dengan kekhawatiran akan ditutup-tutupi oleh otoritas China.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Hua Chunying, dalam konferensi pers menyatakan bahwa penundaan misi tim WHO ke China disebabkan 'bukan hanya masalah visa'.

Hua menyebut pembicaraan kedua pihak terus berlanjut, terutama membahas 'tanggal khusus dan pengaturan khusus untuk kunjungan kelompok pakar tersebut'.

"Masalah penelusuran asal-usul sangat rumit. Untuk memastikan kinerja tim ahli internasional di China berjalan lancar, kami harus melakukan prosedur-prosedur yang diperlukan dan membuat pengaturan yang relevan," jelas Hua dalam pernyataannya.

Ditegaskan Hua bahwa China 'melakukan yang terbaik untuk menciptakan kondisi yang baik bagi kelompok ahli internasional yang datang ke China'.