Perencana-Pendana Serangan Mumbai 2008 Ditangkap di Lahore Pakistan

Arief Ikhsanudin - detikNews
Minggu, 03 Jan 2021 03:21 WIB
Serangan yang terkoordinasi dan dilakukan oleh orang-orang bersenjata ini menyerang Mumbai hampir sepuluh tahun lalu dan menyebabkan 160 orang meninggal. (AFP)
Foto: Serangan yang terkoordinasi dan dilakukan oleh orang-orang bersenjata ini menyerang Mumbai pada 2008 menyebabkan 160 orang meninggal (AFP)
Lahore -

Seorang perencana serangan teroris di Mumbai tahun 2008, Zaki-ur-Rehman Lakhvi, ditangkap polisi. Tak hanya perencana, Lakhvi juga merupakan pendana bagi organisasi militer terlarang Lashkar-e-Taiba (LeT).

Dilansir dari AFP, penangkapan terjadi pada Sabtu (2/1/2021), salah seorang pejabat menyebut, pihak berwenang Pakistan menangkap seseorang tersangka perencana serangan Mumbai 2008 atas kasus pendanaan terorisme.


Departemen Kontraterorisme Punjab mengatakan dalam sebuah pernyataan, Lakhvi, yang juga pemimpin pemimpin organisasi militan terlarang Lashkar-e-Taiba (LeT) ditangkap di timur Kota Lahore di mana dia menjalankan sebuah apotek medis. Meski tak ada perincian, apotik itu menjadi tempat untuk mengumpulkan dana untuk kegiatan militan.

LeT, termasuk Lakhvi, dituduh oleh India merencanakan serangan empat hari yang menewaskan 166 orang pada 2008 itu.

India telah lama melihat kegagalan Pakistan untuk menyerahkan atau menuntut mereka yang dituduh merencanakan dan mengatur serangan Mumbai.


Sebelumnya, Lakhvi sempat ditahan pada 2015 karena serangan itu, tetapi dibebaskan beberapa bulan kemudian. Pemerintah menamparnya dengan serangkaian perintah penahanan, tetapi hakim berulang kali membatalkannya.

(aik/aik)