Swiss Mulai Vaksinasi COVID-19 Minggu Pekan Ini

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Kamis, 24 Des 2020 04:24 WIB
Vaksin Covid-19: Negara-negara termiskin di dunia tak boleh terinjak-injak dalam perebutan vaksin corona, menurut WHO
Ilustrasi (Foto: BBC World)
Jenewa -

Swiss kampanye vaksinasi virus Corona (COVID-19) pada Rabu waktu setempat. Orang pertama yang akan disuntik vaksin Pfizer-BioNTech ini adalah penghuni panti jompo berusia 90-an tahun pada Minggu mendatang.

Dilansir AFP, Kamis (24/12/2020) wanita yang tinggal di wilayah Lucerne di Swiss tengah itu akan menjadi orang pertama di negara itu yang diimunisasi Pfizer-BioNTech dalam kampanye vaksinasi.

Swiss sedang berjuang melawan infeksi Corona yang sangat tinggi. Pada Rabu waktu setempat tercatat infeksi baru sebanyak 5.000 dengan kematian sebanyak 100 orang di negara yang berpenduduk 8,6 juta itu.

Mulai Selasa, bar dan restoran mulai ditutup kembali di seluruh negeri dalam upaya untuk mengendalikan wabah Corona. Sementara itu, penerbangan ke dan dari Inggris dan Afrika Selatan telah dilarang menyusul penemuan varian baru virus Corona yang diyakini oleh pejabat Inggris menyebar jauh lebih banyak dan cepat.

Inggris adalah negara pertama yang menerapkan vaksin Pfizer-BioNtech, dengan nenek 90 tahun Megaret Keenan menerima suntikan pada 8 Desember.

Negara-negara Uni Eropa dijadwalkan untuk memulai vaksinasi pada hari Minggu.

Swiss telah mencatat lebih dari 421.000 positif Corona dan lebih dari 4.600 dilaporkan meninggal dunia.

(lir/lir)