Buka Pintu Kabin Saat Pesawat Akan Lepas Landas, 2 Penumpang Ditangkap

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 22 Des 2020 15:26 WIB
Ilustrasi pesawat
Ilustrasi (iStock)
New York -

Dua penumpang pesawat maskapai Delta Air Lines tujuan Atlanta, Amerika Serikat (AS), membuka pintu kabin saat pesawat hendak lepas landas di Bandara La Guardia, New York. Keduanya telah ditangkap oleh otoritas setempat.

Seperti dilansir CNN, Selasa (22/12/2020), juru bicara maskapai Delta Air Lines, Morgan Durrant, menuturkan insiden itu terjadi pada Senin (21/12) pagi waktu setempat, saat pesawat sedang bergerak menuju landasan untuk lepas landas.

Penumpang itu tidak hanya membuka pintu kabin, tapi juga mengaktifkan seluncuran darurat lalu keluar dari pesawat padahal saat itu pesawat dalam proses akan lepas landas.

Laporan New York Times menyebut dua penumpang, yang tidak disebut identitasnya itu, telah ditahan otoritas setempat. Seekor anjing yang merupakan service dog, yang mendampingi kedua penumpang itu, juga ikut dibawa keluar dari pesawat.

Motif di balik aksi berbahaya kedua penumpang itu tidak dijelaskan lebih lanjut oleh pihak maskapai Delta Air Lines.

Namun salah satu penumpang, Brian Plummer, yang duduk di bagian belakang pesawat yang sama, menuturkan kedua penumpang itu selalu berganti-ganti tempat duduk -- dalam kondisi pesawat tidak penuh penumpang -- saat pesawat bergerak menuju landasan.

Menurut Plummer, sang penumpang pria berdiri saat pesawat bergerak ke landasan dan mengabaikan instruksi awak pesawat untuk tetap duduk. Penumpang pria itu, sebut Plummer, mengaku tidak bisa duduk karena memiliki gangguan stres pasca-trauma (PTSD) kepada awak pesawat.

"Jika saya duduk, saya akan ketakutan," ucap penumpang pria itu, seperti dikutip Plummer.

Selanjutnya
Halaman
1 2