International Updates

Bolsonaro Ragukan Vaksin Corona, Menlu AS Tuduh Rusia Dalangi Serangan Siber

Novi Christiastuti - detikNews
Sabtu, 19 Des 2020 17:46 WIB
Brazils President Jair Bolsonaro greets supporters after voting during the run-off municipal elections in Rio de Janeiro, Brazil, Sunday, Nov. 29, 2020. Bolsonaro, who sometimes has embraced the label
Jair Bolsonaro (dok. AP Photo/Silvia Izquierdo)
Jakarta -

Presiden Brasil, Jair Bolsonaro, menebar keraguan soal vaksin virus Corona (COVID-19). Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Mike Pompeo, menuduh Rusia mendalangi serangan siber besar-besaran terhadap sistem pemerintah AS.

Bolsonaro yang menolak divaksin ini menyebut vaksin Corona bisa memiliki efek samping, yang disebutnya, bisa saja mengubah manusia menjadi buaya atau membuat wanita berjanggut. Klaim Bolsonaro yang tidak berdasar itu dilontarkan saat peluncuran program vaksinasi Corona pada Rabu (16/12) waktu setempat.

Sementara Pompeo menyatakan 'cukup jelas' bahwa Rusia terlibat dalam serangan siber terhadap sejumlah badan pemerintahan AS yang juga mengenai target-target global. Para peretas dilaporkan memasang malware pada software yang digunakan Departemen Keuangan AS dan Departemen Perdagangan AS, yang membuat mereka mampu memata-matai 'lalu lintas' email internal.

Selain berita tersebut, berikut ini berita-berita internasional yang menarik perhatian pembaca detikcom, hari ini, Sabtu (19/12/2020):

- Berfoto dengan Warga Tanpa Masker, Presiden Chile Didenda Rp 49 Juta

Presiden Chile, Sebastian Pinera, dihukum denda US$ 3.500 (Rp 49,4 juta) karena berfoto selfie dengan seorang warga tanpa memakai masker di tengah pandemi virus Corona (COVID-19). Otoritas Chile mewajibkan pemakaian masker di seluruh tempat umum selama pandemi.

Seperti dilansir Reuters, Sabtu (19/12/2020), aturan wajib pakai masker di seluruh tempat umum diterapkan secara ketat oleh otoritas Chile dan para pelanggarnya akan diganjar hukuman termasuk denda dan bahkan penjara.

Pinera telah meminta maaf kepada publik setelah foto dirinya bersama seorang warga tanpa masker beredar di media sosial pada awal Desember lalu.

- Total Kasus Corona di India Tembus 10 Juta

Otoritas India melaporkan total kasus virus Corona (COVID-19) di wilayahnya telah melampaui 10 juta kasus. Dengan angka ini, India masih menempati peringkat dua untuk negara dengan total kasus Corona terbanyak di dunia, setelah Amerika Serikat (AS).

Seperti dilansir AFP, Sabtu (19/12/2020), Kementerian Kesehatan India melaporkan 25 ribu kasus Corona dalam 24 jam terakhir. Tambahan kasus harian di India mengalami penurunan cukup tajam dalam beberapa pekan terakhir, namun total kasus Corona di negara ini masih tinggi.

Data penghitungan terbaru Johns Hopkins University (JHU) menunjukkan total 10.004.599 kasus Corona kini terkonfirmasi di India.

Simak video 'Usai Divaksinasi Belum Tentu Langsung Kebal Covid-19, Kenapa?':

[Gambas:Video 20detik]