Iran Bangun Fasilitas Nuklir Bawah Tanah, Ketahuan Lewat Foto Satelit

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 18 Des 2020 23:44 WIB
Fasilitas nuklir Iran di Fordo, terpotret oleh satelit pada 11 Desember 2020. (Maxar Technologies via AP)
Fasilitas nuklir Iran di Fordo, terpotret oleh satelit pada 11 Desember 2020. (Maxar Technologies via AP)
Dubai -

Diam-diam, Iran memulai proses pembangunan konstruksi di situs fasilitas nuklir daerah Fordo. Padahal sebelumnya, Iran sudah berkomitmen untuk tidak membangun lagi fasilitas nuklir ini.

Terungkapnya pembangunan fasilitas nuklir bawah tanah di Fordo, Iran ini berkat foto yang didapatkan The Associated Press (AP), Jumat (18/12/2020). Pembangunan ini dilakukan di tengah ketegangan AS dengan Iran.

Dilansir BBC, Iran sudah berkomitmen untuk tidak memperbarui fasilitas bawah tanah mereka di Fordo hingga 2031. Pejabat Iran untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Alireza Miryousefi, menyampaikan ke AP, "Tak ada aktivitas nuklir Iran yang rahasia."

Belum jelas betul tujuan dari bangunan yang nampak dari mata kamera satelit ini. Namun proyek di Fordo ditengarai bakal memicu perhatian Amerika Serikat (AS) di penghujung periode Presiden Donald Trump ini.

"Tiap perubahan di situs lokasi ini akan secara hati-hati diawasi sebagai tanda arah program nuklir Iran," kata Jeffrey Lewis, ahli dari James Martin Center untuk Studi Nonprolifersasi di Institut Middlebury untuk Kajian Internasional.

Selanjutnya, soal lokasi fasilitas nuklir di Fordo yang sulit dijangkau serangan udara:

Selanjutnya
Halaman
1 2