Kerja Sama dengan Israel, Aktivis di Lebanon Dihukum 3 Tahun Penjara

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Selasa, 15 Des 2020 04:43 WIB
Caucasian woman holding gavel
Ilustrasi (Foto: iStock)
Jakarta -

Tuntutan militer Lebanon menghukum seorang aktivis lantaran bekerja sama dengan Israel dan melakukan perjalanan ke negara Yahudi itu. Yang bersangkutan dihukum tiga tahun penjara.

Dilansir kantor berita AFP, Selasa (15/12/2020), Kinda al-Khatib, yang berusia dua puluhan tahun, ditangkap pada bulan Juni. Dia didakwa "bekerja sama dengan musuh", "memasuki wilayah Palestina yang diduduki" dan "bekerja sama dengan mata-mata musuh, Israel".

Lebanon secara teknis masih berperang dengan Israel dan melarang warganya berpergian ke sana.

"Pengadilan militer... mengeluarkan putusan yang menjatuhkan hukuman tiga tahun penjara dengan kerja paksa pada Kinda al-Khatib," kata sumber pengadilan, berbicara dengan syarat anonim karena dia tidak berwenang untuk mengomentari masalah tersebut.

Sebelum penangkapan, Khatib di Twitter telah mengkritik Hizbulla, sebuah gerakan Syiah Lebanon yang berjuang dalam perang tahun 2006 yang menghancurkan Israel.

Keluarga dan aktivis mengecam penangkapannya sebagai "politik" karena tweet-nya yang menentang mereka yang berkuasa.

Media dan aktivis Lebanon telah menarik kesejajaran antara kasus Khatib dan kasus aktor Ziad Itani, yang juga dituduh "berkolaborasi" dengan Israel pada 2017.

Selanjutnya
Halaman
1 2