ADVERTISEMENT

Corona Menggila, Korsel Kerahkan Militer Untuk Lacak Kasus Baru

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Jumat, 11 Des 2020 17:55 WIB
Korea Selatan kembali memperketat pembatasan sosial. Hal ini dilakukan seiring meningkatnya jumlah kasus virus Corona di negara tersebut.
Foto: Petugas di garis depan penanganan Corona di Korea Selatan (AP Photo)
Seoul -

Korea Selatan akan memobilisasi pasukan militer di ibu kota Seoul untuk membantu petugas kesehatan yang menghadapi lonjakan kasus infeksi virus Corona. Tercatat ada 689 kasus infeksi baru Corona dilaporkan pada hari Jumat (11/12), saat jumlah kematian dan jumlah pasien dalam perawatan kritis meningkat.

Dilansir Reuters dan Channel News Asia (CNA), Jumat (11/12/2020), Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KDCA) melaporkan bahwa dari kasus baru tersebut, 673 kasus di antaranya merupakan penularan lokal. Sejauh ini, jumlah total kasus mencapai 40.786 kasus. Jumlah kematian dalam sehari bertambah delapan orang sehingga totalnya menjadi 572 kematian.

Lonjakan kasus telah menghantam sistem pemberantasan pandemi kebanggaan Korea Selatan. Sistem ini tadinya telah berhasil menggunakan pelacakan invasif, pengujian dan karantina untuk menghindari lockdown (penguncian), dan menjaga jumlah kasus infeksi di bawah 50 kasus per hari selama sebagian besar musim panas.

Jumlah pasien dalam kondisi serius atau parah telah meningkat mendekati 170 pasien. Hal ini mendorong otoritas kesehatan untuk mencari lebih banyak tempat tidur secara nasional.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT