Round-Up

Misteri Penyakit di India Mulai Terdedah dari Jejak Timah-Nikel di Darah

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 09 Des 2020 23:03 WIB
Otoritas di India sedang menyelidiki penyebab penyakit tak dikenal yang menyebabkan lebih dari 200 orang dirawat di rumah sakit selama akhir pekan.
Foto: Pasien penyakit misterius di India (AP Photo)
New Delhi -

Penyelidikan terkait penyakit misterius di India menemukan sedikit titik terang. Para dokter menemukan jejak timah dan nikel berlebihan di dalam sampel darah para pasien yang dirawat di rumah sakit di Andhra Pradesh.

Seperti dilansir CNN, Rabu (9/12/2020), lebih dari 500 orang dirawat di rumah sakit akibat penyakit misterius yang belum teridentifikasi. Dituturkan petugas pemantau distrik Godavari Barat, Dolla Joshi Roy, bahwa para pasien dilaporkan mengalami serentetan gejala termasuk kejang, hilang kesadaran dan mual-mual.

Kantor Kepala Menteri setempat, YS Jagan Mohan Reddy, menyatakan bahwa hasil awal penyelidikan yang dilakukan tim dari Institut Ilmu Medis Seluruh India (AIIMS) menemukan partikel timah dan nikel di dalam sampe darah para pasien.

"Sama halnya, Institut Teknologi Kimia India (IICT) juga melakukan pengujian dan hasilnya masih menunggu," sebut Reddy.

Disebutkan Komisaris Kesehatan dan Kesejahteraan Keluarga dari pemerintahan Andhra Pradesh, Katamneni Bhaskar, bahwa tim AIIMS di New Delhi menguji 10 sampel darah dan menemukan jejak timah serta nikel.

Apa efek samping dari timah jika ada dalam tubuh manusia? Silakan klik halaman selanjutnya.