Round-Up

Kejutan Biden Tunjuk Pensiunan Jenderal Berkulit Hitam Jadi Menhan

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 09 Des 2020 06:01 WIB
Washington DC -

Presiden Amerika Serikat (AS) terpilih Joe Biden membuat kejutan di kabinet barunya. Dia menunjuk pensiunan jenderal berkulit hitam sebagai Menteri Pertahanan AS.

Seperti dilansir Reuters dan AFP, Selasa (8/12/2020), penunjukan Jenderal Lloyd Austin sedikit mengejutkan karena sebelumnya Michelle Flournoy menjadi kandidat yang dijagokan menempati jabatan tersebut. Flournoy yang pernah menjabat Wakil Menhan AS akan menjadi wanita pertama yang menjabat Menhan jika ditunjuk oleh Biden.

Informasi soal keputusan Biden menunjuk Austin menjadi Menhan AS dilaporkan pertama kali oleh Politico. Media-media terkemuka AS lainnya, seperti CNN dan New York Times, yang mengutip sejumlah sumber yang memahami keputusan itu, menyebut Biden telah mengambil keputusan pada Senin (7/12) waktu setempat dan akan mengumumkannya secara resmi pada Jumat (11/12) mendatang.

Penunjukan Austin menjadi Menhan membutuhkan persetujuan Kongres AS, khususnya Senat.

Austin (67) yang merupakan pensiunan jenderal bintang empat ini dikenal sebagai veteran untuk konflik Irak dan Afghanistan. Dia pernah memimpin pasukan AS dalam misi di Baghdad tahun 2003 dan pernah menjabat Kepala Komando Pusat AS.

Apa saja pengabdian Austin? Klik halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2