AS Siapkan Sanksi Baru untuk Belasan Pejabat China Terkait Hong Kong

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 07 Des 2020 16:51 WIB
Hubungan Presiden AS Donald Trump-Presiden China Xi Jinping memanas. Keretakan hubungan diplomasi itu karena Trump kecewa dengan China terkait virus Corona.
Ilustrasi -- Presiden China, Xi Jinping dan Presiden AS, Donald Trump (Getty Images)
Washington DC -

Amerika Serikat (AS) tengah bersiap untuk menjatuhkan sanksi-sanksi baru terhadap belasan pejabat China. Sanksi baru ini berkaitan dengan peran para pejabat-pejabat China itu dalam diskualifikasi Beijing terhadap anggota parlemen Hong Kong dari oposisi.

Seperti dilansir Reuters, Senin (7/12/2020), hal tersebut diungkapkan oleh tiga sumber termasuk seorang pejabat AS yang memahami persoalan tersebut.

Disebutkan bahwa langkah yang paling cepat akan diumumkan pada Senin (7/12) waktu AS tersebut, akan menargetkan para pejabat Partai Komunis China (CCP) saat pemerintahan Presiden Donald Trump terus menekan Cina dalam minggu-minggu terakhir masa jabatannya. Presiden terpilih AS, Joe Biden, akan mengambil alih setelah dilantik pada 20 Januari 2021.

Departemen Luar Negeri AS atau Gedung Putih belum mengomentari laporan ini.

Menurut dua sumber, akan ada sekitar 14 orang, termasuk para pejabat parlemen China atau Kongres Rakyat Nasional dan anggota CCP, yang kemungkinan besar akan menjadi target langkah baru AS, seperti pembekuan aset dan sanksi keuangan.

Seorang pejabat AS yang enggan disebut namanya, mengungkapkan bahwa banyak orang akan dijatuhi sanksi oleh AS.

Seorang sumber lainnya yang memahami persoalan ini menyebut kelompok orang yang dijatuhi sanksi AS itu juga termasuk para pejabat Hong Kong dan China daratan. Sumber ini tidak menyebutkan nama maupun jabatan orang-orang yang menjadi target sanksi AS.

Selanjutnya
Halaman
1 2