Spanyol Targetkan Sepertiga Penduduk Telah Divaksin COVID-19 pada Bulan Juni

Dwi Andayani - detikNews
Sabtu, 05 Des 2020 02:16 WIB
Vaccine and syringe injection It use for prevention, immunization and treatment from COVID-19
Foto: Getty Images/iStockphoto/kiattisakch
Jakarta -

Spanyol akan melakukan pemberian vaksin COVID-19. Ditargetkan sepertiga dari 47 juta penduduknya akan selesai divaksin pada bulan Juni.

Dilansir AFP, Sabtu (5/12/2020), hal ini disampaikan Perdana Menteri Pedro Sanchez dalam kampanye imunisasi COVID-19. Pemberian vaksin sendiri akan dimulai pada bulan Januari.

Sanchez mengatakan tahap awal akan berlangsung selama dua bulan dengan target 2,5 juta orang akan divaksin. Penghuni panti jompo dan perawatnya, serta petugas kesehatan akan menjadi orang kelompok pertama yang divaksin.

"Sekitar 2,5 juta orang akan divaksinasi pada tahap awal, yang akan berlangsung selama dua bulan," kata Sanchez.

Sedangkan tahap kedua akan dimulai pada bulan Maret dan pada Mei. Dengan target 15 hingga 20 juta orang.

"Mei atau Juni, antara 15 juta dan 20 juta orang Spanyol telah divaksinasi," kata Sanchez.

Sanchez tidak merinci siapa yang akan divaksinasi pada tahap kedua. Namun, pihak berwenang Spanyol telah mengidentifikasi 15 kelompok prioritas, termasuk orang tua dan orang-orang dengan kondisi kesehatan yang mendasarinya.

"Tahap ketiga, ketika vaksin tersedia lebih luas, akan memungkinkan kita untuk mencakup seluruh populasi," tambah Sanchez,

Tidak diberitau kapan batas waktu untuk menyelesaikan program vaksinasi. Diketahui, Madrid telah mengumumkan kesepakatan pasokan untuk menerima 105 juta dosis vaksin COVID-19 dari beberapa laboratorium berbeda.

(dwia/dwia)