4 Orang Tewas Akibat Ledakan Tangki Kimia di Inggris

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 04 Des 2020 15:48 WIB
Ilustrasi: pembunuhan, mayat, bunuh diri, garis polisi, police line
Ilustrasi -- Warga Inggris diimbau menghindari lokasi ledakan (Thinkstock)
London -

Sedikitnya empat orang tewas akibat ledakan tangki kimia di Bristol, Inggris bagian barat. Penyebab ledakan ini masih dalam penyelidikan.

Seperti dilansir AFP, Jumat (4/12/2020), ledakan tangki kimia itu terjadi di sebuah pabrik pengolahan air limbah yang dikelola Wessex Water di Avonmouth, dekat Bristol pada Kamis (3/12) waktu setempat. Dinas urusan darurat setempat mendapat laporan soal adanya ledakan besar di pabrik tersebut.

Inspektur Kepala Kepolisian Avon and Somerset, Mark Runacres, menyebut ledakan itu terjadi di salah satu silo yang digunakan untuk menampung biosolid atau limbah padat organik yang telah diolah sebelum didaur ulang menjadi kondisioner tanah organik.

Kepolisian setempat menyebut tiga korban tewas merupakan pegawai Wessex Water dan satu lainnya merupakan kontraktor. Satu orang lainnya mengalami luka-luka akibat ledakan itu, namun lukanya dilaporkan tidak membahayakan nyawa.

Salah satu saksi mata, Kieran Jenkins, menuturkan kepada BBC bahwa dirinya berada di sebuah gudang penyimpanan yang terletak dekat dengan pabrik pengolahan limbah itu saat ledakan terjadi. Dia menyebut semuanya 'berguncang' dan dirinya terkejut.

"Hal selanjutnya yang terjadi kami melihat keluar jendela dan semua yang kami lihat adalah orang-orang berlarian. Kami tidak tahu apa yang terjadi. Itu sedikit mengejutkan sebenarnya. Saya mendengar suara ledakan... kami tidak tahu apa yang terjadi," tuturnya.

Perdana Menteri (PM) Inggris, Boris Johnson, dalam pernyataan via Twitter menyatakan dirinya 'sangat sedih mengetahui empat orang kehilangan nyawa mereka'.

"Hati kami tertuju pada para korban dan keluarga mereka," tambahnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2