3 Orang Positif Corona Masuk Secara Ilegal, Thailand Lacak 200 Orang

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 01 Des 2020 14:44 WIB
In this photo taken on April 17, 2020 passengers wearing face masks ride a commuter train with chairs marked for social distancing as a preventive measure against the spread of COVID-19 coronavirus in Bangkok. (Photo by Romeo GACAD / AFP)
Ilustrasi -- Penumpang komuter di Bangkok memakai masker dan duduk dengan saling menjaga jarak saat pandemi Corona (AFP/ROMEO GACAD)
Bangkok -

Otoritas Thailand tengah melakukan pelacakan terhadap 200 orang di wilayah utara wilayahnya demi mencegah kemunculan wabah baru virus Corona (COVID-19). Pelacakan dilakukan setelah tiga warga Thailand masuk secara ilegal dari Myanmar dan dinyatakan positif Corona beberapa hari kemudian.

Seperti dilansir Reuters, Selasa (1/12/2020), tiga warga Thailand yang tidak disebut namanya itu menghindari pemeriksaan imigrasi dan masuk melalui perlintasan perbatasan alam pada Selasa (24/11) dan Jumat (27/11) lalu. Mereka tidak menjalani karantina yang diwajibkan untuk setiap orang yang baru tiba dari luar negeri.

Ketiga warga Thailand, yang semuanya berjenis kelamin perempuan itu, diketahui bekerja di sebuah tempat hiburan yang sama di Myanmar.

Salah satu dari mereka tiba di Provinsi Chiang Rai pada 24 November lalu dan melanjutkan perjalanan ke Provinsi Chiang Mai. Dia kemudian mengalami gejala-gejala virus Corona dan mendatangi rumah sakit setempat, hingga akhirnya dinyatakan positif Corona.

Dua orang lainnya tiba di Thailand pada 27 November dan menginap di hotel setempat, sebelum melakukan tes Corona dan dinyatakan positif.

Ketiganya juga diketahui sempat bepergian ke sejumlah lokasi sebelum dinyatakan positif Corona. Gubernur Provinsi Chiang Rai, Prachon Pratsakul, menuturkan bahwa sekitar 356 orang di Provinsi Chiang Rai dan Provinsi Chiang Mai berpotensi terpapar Corona dari ketiga wanita Thailand yang masuk secara ilegal itu.

Di antaranya terdapat staf dan tamu hotel setempat, kemudian staf dan pelanggan sebuah pusat perbelanjaan, bioskop dan restoran setempat, serta para penumpang di sebuah van dan taksi lokal.

Simak video 'Hasil Akhir Vaksin Moderna Tunjukkan Tak Ada Efek Samping Parah':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2