PM Kroasia Andrej Plenkovic Positif COVID-19

Eva Safitri - detikNews
Selasa, 01 Des 2020 03:25 WIB
Croatias Prime Minister Andrej Plenkovic arrives on the second day of a two days face-to-face EU summit, in Brussels, on October 16, 2020. (Photo by JOHANNA GERON / POOL / AFP)
PM Kroasia Andrej Plenkovic (Foto: AFP/JOHANNA GERON)
Kroasia -

Perdana Menteri Kroasia Andrej Plenkovic dinyatakan positif mengidap virus corona (COVID-19). Plenkovic saat ini dalam kondisi sehat, kata kabinetnya.

Dia awalnya dites dengan hasil negatif, namun di tes kembali pada Senin hasilnya menunjukan positif, kata kabinet. Plenkovic, akan isolasi selama 10 hari. Seluruh tugas dikerjakan dari rumah.

"Perdana Menteri merasa sehat saat ini, melanjutkan aktivitasnya dan menjalankan tugasnya dari rumah, mengikuti instruksi dokter dan ahli epidemiologi," kata kabinet dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir AFP, Selasa (1/12/2020).

Setelah mengendalikan beban kasusnya, Kroasia telah berjuang melawan lonjakan infeksi yang tajam dalam beberapa pekan terakhir, dengan sekitar 2.300 pasien saat ini dirawat di rumah sakit.

Pada hari Senin, pihak berwenang mengumumkan rekor 74 kematian dalam 24 jam terakhir. Menteri Kesehatan Vili Beros juga baru-baru ini dinyatakan positif mengidap virus itu, tetapi Senin mengatakan dia akan melanjutkan pekerjaan.

Rumah sakit di Kroasia dan di wilayah Balkan juga sedang berjuang dengan lonjakan jumlah pasien. Ada kendala seperti keterbatasan tempat tidur dan peralatan serta kekurangan staf, karena lebih dari 1.000 dokter sendiri telah terinfeksi.

(eva/eva)