Korut Cemaskan Biden, Para Diplomat Diminta Tak Provokasi AS

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 27 Nov 2020 16:49 WIB
Democratic presidential candidate former Vice President Joe Biden speaks, Friday, Nov. 6, 2020, in Wilmington, Del., as Democratic vice presidential candidate Sen. Kamala Harris, D-Calif., listens. (AP Photo/Carolyn Kaster)
Joe Biden (dok. AP Photo/Carolyn Kaster)
Pyongyang -

Korea Utara (Korut) dilaporkan tengah mengkhawatirkan pendekatan baru yang mungkin akan diambil Presiden terpilih Amerika Serikat (AS), Joe Biden. Oleh karena itu, para diplomat Korut diminta menahan diri dari tindakan yang bisa memprovokasi AS di tengah transisi kekuasaan yang sedang berlangsung.

Seperti dilansir Associated Press dan kantor berita Yonhap News Agency, Jumat (27/11/2020), hal tersebut diungkapkan dalam pengarahan terbaru dari Badan Intelijen Nasional Korea Selatan (NIS) terhadap Komisi Intelijen Parlemen Korsel dalam sesi tertutup di parlemen.

Dua anggota parlemen Korsel yang menghadiri sesi tertutup itu, Kim Byung-kee dan Ha Tae-keung, mengungkapkan bahwa otoritas Korut memerintahkan misi diplomatik luar negeri untuk tidak memprovokasi AS.

Disebutkan juga bahwa otoritas Korut memperingatkan para Duta Besar akan menerima konsekuensinya jika komentar atau tindakan mereka sampai memicu masalah dalam hubungan dengan AS.

"Kami diberitahu bahwa ada perintah untuk menerapkan kehati-hatian dalam berbahasa," ujar kedua anggota parlemen Korsel itu, merujuk pada arahan untuk para diplomat Korut di luar negeri.

Otoritas Korut tetap bungkam setelah Biden diproyeksikan memenangkan pilpres AS 2020, mengalahkan Presiden Donald Trump yang sudah menggelar tiga pertemuan bersejarah dengan pemimpin Korut, Kim Jong-Un, antara tahun 2018-2019 untuk membahas program nuklir Korut.

Sementara diplomasi AS-Korut akhirnya terhenti, pertemuan itu masih membantu Kim Jong-Un dan Trump membangun hubungan pribadi dan menghentikan perang kata-kata kasar serta ancaman kehancuran yang banyak dilakukan kedua negara sebelumnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2