Rumah Sakit di India Terbakar, 5 Pasien COVID-19 Tewas

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 27 Nov 2020 14:30 WIB
Ilustrasi Kebakaran. Andhika Akbarayansyah/detikcom.
Ilusrtasi (Thinkstock)
New Delhi -

Sebuah kebakaran melanda sebuah rumah sakit di wilayah India bagian barat, yang digunakan untuk merawat para pasien virus Corona (COVID-19). Nahas, sedikitnya lima pasien Corona meninggal dunia dan puluhan lainnya luka-luka akibat kebakaran ini.

Seperti dilansir Associated Press, Jumat (27/11/2020), kebakaran ini melanda Rumah Sakit Uday Shivanand pada Jumat (27/11) pagi hari waktu setempat.

Pejabat kepolisian setempat, KN Bhukan, menuturkan bahwa sejumlah mobil pemadam kebakaran berhasil menahan api di satu lantai dan memadamkannya dalam waktu 30 menit.

Kantor berita Press Trust of India melaporkan bahwa api pertama muncul di dalam Unit Perawatan Intensif (ICU) pada rumah sakit tersebut, yang digunakan untuk merawat 33 pasien Corona.

Kebakaran itu menewaskan lima pasien Corona di antaranya dan melukai 28 pasien lainnya. Beberapa pasien dilaporkan mengalami luka bakar dan dievakuasi ke rumah sakit lainnya di Rajkot, Gujarat.

Penyebab kebakaran ini masih dalam penyelidikan otoritas setempat.

Insiden serupa pernah terjadi di sebuah rumah sakit di Ahmedabad pada Agustus lalu. Sedikitnya 8 pasien Corona meninggal dunia akibat kebakaran saat itu.

Kebanyakan kasus kebakaran di India berujung kematian akibat buruknya pemeliharaan dan kurangnya perlengkapan pemadam kebakaran yang layak.

Simak juga video 'Penyebaran Kasus Covid-19 di India Mengkhawatirkan':

[Gambas:Video 20detik]



(nvc/ita)