Joe Biden Tunjuk Antony Blinken Sebagai Menlu AS

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 24 Nov 2020 02:52 WIB
Wamenlu AS Antony Blinken
Antony Blinken (Foto: Shohib Masykur)
Washington -

Presiden terpilih Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengumumkan sejumlah jabatan penting di kabinetnya. Salah satunya yakni penunjukkan Antony Blinken sebagai Menteri Luar Negeri.

Dilansir AFP, Selasa (24/11/2020), Biden mengumumkan jabatan penting di kabinetnya pada Senin (23/11) waktu setempat. Blinken pernah menjabat sebagai wakil Menlu dan penasihat keamanan nasional selama pemerintahan Obama 2009 sampai 2013 dan telah memiliki hubungan dekat dengan Biden, ketika dia menjadi wakil presiden. Blinken memulai karirnya sebagai penasihat kebijakan luar negeri di Departemen Luar Negeri AS pada masa pemerintahan Bill Clinton.

Selain Antony, Biden juga menunjuk John Kerry sebagai utusan bidang iklim. Kerry diketahui pernah menjabat sebagai Menteri Luar Negeri AS. Dia menjabat sebagai Menlu dari 2013 sampai 2017.

Biden kemudian menunjuk Avril Haines sebagai Direktur Intelijen Nasional. Penunjukkan itu menjadikan Haines sebagai wanita pertama yang menduduki jabatan tersebut.

Kemudian, ada Alejandro Mayorkas yang ditunjuk sebagai Kepala Departemen Keamanan Dalam Negeri. Mayorkan diharapkan mampu membuat kebijakan yang baik untuk pembatasan imigrasi.

"Kami tidak punya waktu untuk merugi dalam hal keamanan nasional dan kebijakan luar negeri kami," kata Biden dalam sebuah pernyataan.

"Orang-orang ini sama-sama berpengalaman dan teruji krisis karena mereka inovatif dan imajinatif," imbuhnya

(man/man)