Akun Resmi Presiden AS @POTUS Akan Diserahkan ke Biden Saat Hari Pelantikan

Novi Christiastuti - detikNews
Sabtu, 21 Nov 2020 15:50 WIB
President-elect Joe Biden joins Vice President-elect Kamala Harris on stage Saturday, Nov. 7, 2020, in Wilmington, Del. (AP Photo/Andrew Harnik, Pool)
Joe Biden (dok. AP Photo/Andrew Harnik)
Washington DC -

Pihak Twitter akan menyerahkan akun Twitter resmi untuk Presiden Amerika Serikat (AS), @POTUS, kepada Joe Biden saat dia dilantik pada 20 Januari 2021. Akun resmi itu akan tetap diserahkan kepada Biden meskipun Presiden Donald Trump masih enggan mengakui kekalahannya dalam pilpres AS 2020.

Seperti dilansir AFP, Sabtu (21/11/2020), hal tersebut dilaporkan oleh media terkemuka AS, Politico, yang mengutip pernyataan juru bicara Twitter, Nick Pacilio.

"(Twitter) Secara aktif bersiap mendukung transisi akun Twitter institusi Gedung Putih pada 20 Januari 2021," demikian disebutkan Pacilio dalam pernyataan via email kepada Politico.

Ditambahkan Pacilio bahwa proses ini tengah dikonsultasikan dengan Arsip Nasional AS, seperti yang terjadi tahun 2017 lalu.

Penyerahan akun Twitter resmi ini akan membuat semua cuitan yang sudah ada pada akun @POTUS juga akun @FLOTUS untuk Ibu Negara AS dan akun @VP untuk Wakil Presiden AS serta sejumlah akun resmi lainnya, akan dimasukkan ke dalam arsip.

Akun-akun resmi tersebut akan di-reset menjadi nol cuitan dan diserahkan kepada pihak Gedung Putih di bawah Biden pada hari pelantikan nanti.

Trump yang belum juga mengakui kekalahannya, diketahui banyak memakai Twitter untuk membantu membangun brand politiknya. Saat menjabat Presiden AS, Trump lebih banyak memakai akun pribadinya, @realDonaldTrump, untuk menyampaikan cuitan-cuitannya.

Selanjutnya
Halaman
1 2