Taiwan Kandangkan F-16 Usai Hilangnya Jet Tempur Saat Latihan

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Rabu, 18 Nov 2020 11:51 WIB
FILE - In this Feb. 24, 2019, file photo, U.S. fighter aircraft F-16 perform aerobatic maneuvers on the last day of Aero India 2019 at Yelahanka air base in Bangalore, India. The Trump administration has informed Congress it plans to sell F-16 fighters worth $8 billion to Taiwan in a move that will inflame already high tensions with China. (AP Photo/Aijaz Rahi, File)
Foto: Ilustrasi Jet F-16 (AP Photo/Aijaz Rahi, File)
Taipei -

Angkatan udara Taiwan telah mengandangkan armada jet tempur F-16-nya setelah kehilangan sebuah pesawat dalam misi pelatihan. Ini merupakan kehilangan jet tempur kedua Taiwan dalam waktu kurang dari sebulan, di saat misi untuk menghadang pesawat-pesawat militer China sedang gencar-gencarnya.

Dilansir dari Channel News Asia dan Reuters, Rabu (18/11/2020) meski Angkatan Udara Taiwan terlatih dengan baik dan dilengkapi dengan baik, sebagian besar dengan peralatan buatan AS, namun tetap diremehkan oleh China. Beijing mengklaim pulau itu sebagai miliknya dan bahkan bertekad akan menggunakan kekerasan jika perlu, untuk merebutnya kembali.

Bulan lalu, Menteri Pertahanan Taiwan mengatakan hampir US$ 900 juta telah dihabiskan tahun ini untuk mengerahkan Angkatan Udara melawan pesawat-pesawat militer China.

Pada Selasa (17/11) malam, Angkatan Udara Taiwan mengatakan bahwa jet tempur F-16 buatan AS menghilang tak lama setelah lepas landas dari pangkalan udara Hualien di pantai timur dalam misi pelatihan rutin.

Insiden hilangnya F-16 ini terjadi menyusul jatuhnya F-5 -- jet yang pertama kali beroperasi di Taiwan pada 1970-an -- pada akhir Oktober.

Berbicara kepada wartawan, Presiden Taiwan Tsai Ing-wen pada Rabu (18/11) mengatakan bahwa angkatan udara telah mengandangkan armada F-16 untuk pemeriksaan.

"Saya sudah meminta Kementerian Pertahanan untuk tidak mengendurkan pertahanan dan kesiapan tempur untuk menjamin keamanan nasional," tambahnya.

Apa yang terjadi pada F-16 milik Taiwan? Silakan klik halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2