Morales Kembali dari Pengasingan, Tur Mudik dari Perbatasan Argentina

Arief Ikhsanudin - detikNews
Kamis, 12 Nov 2020 04:20 WIB
Bolivian ex-president Evo Morales delivers a speech during a rally in Chimore, Chapare province, Cochabamba department, Bolivia, on November 11, 2020, after his return from exile. - Thousands of supporters of Bolivias ex-president Evo Morales crowded into his political stronghold Wednesday for a climactic rally to mark his triumphant return to his homeland. (Photo by FERNANDO CARTAGENA / AFP)
Foto: Evo Morales rapat umum di Chimore usai kembali dari pengasingan di Argentina (AFP/FERNANDO CARTAGENA )
Cochabamba -

Mantan Presiden Bolivia, Evo Morales kembali dari pengasingan di Argentina. Dia melakukan tur dari perbatasan Argentina hingga berakhir di Chimore.

Dilansir dari AFP, Kamis (12/11) Morales melakukan tur mudik sejak Senin (9/11) dari perbatasan Argentina sejauh 1.000 kilometer menuju Chimore. Selama perjalanan tur, para petani, dan penambang, telah berbondong-bondong ke kota dan desa yang dilalui. Mereka menari dengan iringan musik dan mengibarkan bendera whipala untuk menyambut 'pahlawan' yang kembali.

Ribuan orang pendukung telah tiba di Chimore untuk hadir dalam rapat umum sebagai penutup tur. Mereka menanti mantan Presiden mereka yang melarikan diri satu tahun lalu.

Diketahui, rapat umum ini menjadi penting bagi Morales. Dia diasingkan, awalnya ke Meksiko, kemudian ke Argentina, setelah tidak mendapat dukungan dari tentara di tengah protes tehadap pemilu yang inkonsistitusional.

"Pertunjukan kasih sayang menuntut komitmen dan kesetiaan kami kepada orang-orang yang paling rendah hati. Kami tidak akan mengecewakan mereka," kata Morales selama dalam perjalanan tur.

Morales rencananya akan ditemani oleh Presiden baru Luis Arce. Luis Arce adalah ketua Partai Gerakan Sosialisme, partai sama dengan Morales.

Arce adalah mantan menteri ekonomi yang memenangkan pemilihan ulang yang dibatalkan bulan lalu, dan dilantik pada Minggu (8/11).

(aik/aik)