Melania Disebut Sarankan Trump Terima Kekalahan di Pilpres AS

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Senin, 09 Nov 2020 02:33 WIB
President Donald Trump and first lady Melania Trump walk to board Marine One on the South Lawn of the White House, Thursday, Oct. 22, 2020, in Washington. Trump is headed to Nashville, Tenn., for a debate. (AP Photo/Alex Brandon)
Donald Trump dan Melania Trump (Foto: AP Photo)
Washington DC -

Ibu Negara Melania Trump menambah daftar orang di lingkaran dekat Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump untuk menerima kekalahannya dalam Pilpres AS. Diketahui, Trump kalah dari Joe Biden yang kini menjadi Presiden terpilih AS.

Dilansir CNN, Senin (9/11/2020), sumber CNN menyebutkan Melania Trump telah mempertimbangkan pendapatnya itu.

"Dia (Melania) telah menawarkannya, seperti yang sering dilakukannya," kata sumber tersebut.

Sebelum Melania, menantu Donald Trump, Jared Kushner telah lebih dulu menyarankan agar Trump menerima kekalahannya dari Joe Biden. Pagi ini, Trump masih mencuit penentangannya terhadap kemenangan Biden.

Melania Trump lalu membuat pernyataan publik pertamanya terkait pemilihan presiden AS. Ia menggemakan suara suaminya bahwa suara masih harus dihitung.

"Rakyat Amerika berhak mendapatkan pemilihan yang adil. Setiap suara legal - bukan ilegal - harus dihitung. Kita harus melindungi demokrasi kita dengan transparansi penuh," tulis Melania di Twitter.

Diketahui, Donald Trump dan pendukungnya sama-sama protes dan menolak kekalahan di Pilpres Amerika Serikat (AS). Saat Joe Biden sudah pidato kemenangan, mereka masih bersuara nyaring tak mau mengakui.

Biden dinyatakan memenangkan Pilpres AS setelah diproyeksikan menang atas Trump di negara bagian Pennsylvania dan Nevada. Penghitungan Fox News dan Associated Press menunjukkan Biden unggul di Pennsylvania dengan meraup 49,7 persen (3.350.884 suara) melawan Trump dengan 49,1 persen (3.313.529 suara). Di Nevada, Biden unggul dengan perolehan 642.604 suara (49,9 persen) melawan Trump dengan perolehan 616.905 suara (47,9 persen).

Dibutuhkan 270 electoral votes -- dari total 538 electoral votes -- untuk bisa memenangkan pilpres AS. Biden berhasil meraup total 290 electoral votes, setelah mendapat tambahan 26 electoral votes dari Pennsylvania dan Nevada.

Dengan perolehan 290 electoral votes itu, Biden pun ditetapkan sebagai Presiden terpilih AS yang akan menggantikan Trump nantinya.

Namun, Trump tak mau serta merta mengakui kemenangan Biden. Dia menuding ada kecurangan dan mengambil ancang-ancang menggugat hasil Pilpres AS.

(azr/azr)