Pilpres AS 2020

Menang Pilpres, Joe Biden: Hari Baru di AS Telah Tiba

Eva Safitri - detikNews
Minggu, 08 Nov 2020 08:52 WIB
Jakarta -

Pasangan Joe Biden dan Kamala Harris menang dalam pemilihan presiden Amerika Serikat. Joe Biden mengatakan kemenangannya ini merupakan hari baru bagi Amerika Serikat.

"A new day in America has come. Tune in as Vice President-Elect @KamalaHarris an I address the nation," demikian ujar Biden dalam akun Twitternya, Minggu (8/11/2020).

Joe Biden dan Kamala Harris saat ini tengah berpidato di depan bangsa di Chase Center di kampung halamannya di Wilmington, Delaware.

Biden menang usai meraup 290 electoral votes, menyusul kemenangan tipisnya di negara bagian Pennsylvania. Setelah berhari-hari penghitungan suara dan terlibat pertarungan yang sengit, capres Amerika Serikat (AS) dari Partai Demokrat, Joe Biden akhirnya memenangkan pemilihan presiden AS 2020.

Seperti dilansir Fox News, Sabtu (7/11/2020), data penghitungan teranyar dari Fox News menunjukkan Biden menang atas petahana Donald Trump di Pennsylvania dengan meraih 49,7 persen suara, dengan Trump meraup 49,2 persen suara.

Biden dipastikan memenangi pilpres setelah dia diproyeksikan menang di Pennsylvania, yang memiliki 20 electoral votes. Biden juga diproyeksikan menang di Nevada, yang memiliki 6 electoral votes. Dengan tambahan 26 electoral votes dari dua negara bagian itu, maka Biden telah meraup 290 electoral votes sedangkan pesaingnya, Donald Trump baru meraup 214 electoral votes.

Jumlah itu telah melampaui ambang batas 270 electoral votes yang diperlukan -- dari total 538 electoral votes -- untuk bisa memenangkan pilpres AS.

Sebelumnya, ada lima negara bagian yang menjadi perebutan terakhir Biden dan Trump. Kelima negara bagian itu adalah: Nevada (6 electoral votes), Alaska (3 electoral votes), Georgia (16 electoral votes), North Carolina (15 electoral votes), dan Pennsylvania (20 electoral votes).

(eva/imk)