Pilpres AS 2020

Via Twitter, Trump Kembali Klaim Menangi Pilpres AS 2020

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Minggu, 08 Nov 2020 06:57 WIB
Washington -

Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, masih belum bisa menerima kekalahan dirinya dari Joe Biden dalam Pilpres AS 2020. Dalam pernyataan terbaru via Twitter, Trump kembali mengklaim dirinya memenangi Pilpres AS 2020 dan membanggakan perolehan suaranya yang mencapai 71 juta suara.

Seperti dilansir ABC News, Minggu (8/11/2020), Trump memberikan reaksi pertamanya di akun Twitter miliknya @realDonaldTrump terhadap kemenangan Biden sebagai Presiden AS selanjutnya. Dia secara keliru kembali mengklaim, dalam tweet yang ditulis dengan huruf kapital, bahwa dirinya memenangkan pilpres.

Trump juga mengklaim secara tidak berdasar, bahwa pengamat pemungutan suara dari timya tidak diizinkan untuk menyaksikan proses penghitungan suara.

"PENGAMAT TIDAK DIPERBOLEHKAN MASUK KE RUANG PENGHITUNGAN. SAYA MEMENANGKAN PEMILU, MENDAPATKAN 71.000.000 SUARA SAH," tegas Trump.

"HAL-HAL BURUK TERJADI SAAT PARA PENGAMAT KAMI TIDAK DIPERBOLEHKAN MENGAWASI. INI TIDAK PERNAH TERJADI SEBELUMNYA. JUTAAN SURAT SUARA VIA POS DIKIRIM KE ORANG YANG TIDAK PERNAH MEMINTANYA!" imbuhnya.

Cuitan Trump itu diberi label klaim Pilpres AS 2020 yang masih menjadi perdebatan. Trump juga kembali mencuit membanggakan perolehan suaranya yang mencapai 71 juta suara.

"71.000.000 Suara Sah. Terbanyak YANG PERNAH ADA untuk seorang Presiden yang aktif menjabat!" tulis Trump.

(rfs/nvc)