Rekor! Jumlah Kematian Harian Corona di Hungaria Capai 103 Kasus

Isal Mawardi - detikNews
Sabtu, 07 Nov 2020 01:25 WIB
Hungarian Prime Minister Viktor Orban attends the ruling Fidesz party congress in Budapest, Hungary, November 12, 2017. REUTERS/Laszlo Balogh
PM Hongaria Viktor Orban (Foto: REUTERS/Laszlo Balogh)
Budapest -

Kasus kematian harian akibat virus Corona (COVID-19) di Hungaria mencapai titik tertinggi. Jumlah kematian COVID-19 mencapai 103 kasus pada Jumat (6/11).

Dilansir AFP, angka 103 kasus menjadi rekor kematian di Hungaria dalam sehari. Sebanyak 4.709 kasus Corona baru tercatat di hari yang sama.

Sejauh ini, sudah ada 5.459 pasien Corona dirawat di rumah sakit. 391 di antaranya menggunakan ventilator.

Perdana Menteri Hungaria Viktor Orban menuai kritik keras karena tingginya kasus kematian akibat Corona. Pasalnya, kapasitas tempat tidur perawatan intensif di Hongaria yang berjumlah 4.480 diperkirakan bakal tak tersedia pada 10 Desember.

"Kami memiliki semakin banyak kabar baik tentang vaksin, kami akan segera memiliki vaksin," kata Orban dilansir AFP, Sabtu (7/11/2020).

Menteri Luar Negeri Hungaria Peter Szijjarto mengatakan pihaknya bakal mengimpor beberapa vaksin dari Rusia. Impor vaksin itu bakal dilakukan pada Desember nanti.

Sementara itu impor vaksin dalam jumlah besar akan dimulai pada Januari 2021. "Mulai minggu kedua dan ketiga Januari," ucapnya.

Di Hungaria, sekolah tetap buka. Meski begitu, jam malam diberlakukan mulai pukul 21.00 waktu setempat.

"Orang ingin Hungaria terus berfungsi (secara) ekonomi serta kehidupan harus dilindungi," kata Orban.

(isa/isa)