Pilpres AS 2020

Makin Tipis, Selisih Trump-Biden di Georgia Kurang dari 10 Ribu Suara

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 06 Nov 2020 06:09 WIB
Chester County election workers scan mail-in and absentee ballots for the 2020 general election in the United States at West Chester University, Wednesday, Nov. 4, 2020, in West Chester, Pa. (AP Photo/Matt Slocum)
Ilustrasi -- Proses penghitungan suara pemilih saat pilpres AS (AP Photo)
Georgia -

Keunggulan Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, atas penantangnya, Joe Biden, di negara bagian Georgia dilaporkan semakin menyusut. Data terbaru menunjukkan Trump hanya unggul sekitar 9.500 suara atas Biden di Georgia.

Seperti dilansir ABC News dan CNN, Jumat (6/11/2020), selisih suara kedua capres semakin menipis setelah tambahan suara kembali dilaporkan dari Fulton County -- distrik terbesar di Georgia dan lokasi Atlanta, ibu kota negara bagian ini.

Data penghitungan sementara dari ABC News dan CNN menunjukkan dengan 98 persen suara masuk di Georgia, Trump unggul tipis dengan 49,5 persen (2.439.809 suara) melawan Biden dengan 49,3 persen (2.430.275 suara). Selisih antara kedua capres mencapai hanya 9.534 suara.

Selain Fulton County, penghitungan suara di distrik-distrik lainnya di Georgia, termasuk Chatham County, juga masih terus dilakukan.

Georgia menjadi salah satu dari lima negara bagian, bersama Alaska, Nevada, North Carolina dan Pennsylvania, yang proses penghitungan suaranya belum selesai hingga kini.

Posisi sementara menunjukkan Biden unggul dengan 264 electoral votes atas Trump yang baru meraup 214 electoral votes. Dibutuhkan 270 electoral votes -- dari total 538 electoral votes -- untuk bisa memenangkan pilpres AS.

Georgia yang merupakan battleground states atau wilayah perebutan suara kedua capres ini diketahui memiliki 16 electoral votes.

Tonton video 'Joe Biden Rebut Wisconsin dan Michigan, Trump Dapat Pennsylvania':

[Gambas:Video 20detik]



(nvc/lir)