Kasus Corona Meningkat, Yunani Kembali Lockdown Nasional

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 06 Nov 2020 03:24 WIB
Athena
Ilustrasi (Athena Foto: Ristiyanti Handayani/d'traveler
Athena -

Yunani mengumumkan lockdown nasional untuk menekan penularan virus Corona (COVID-19) pada Kamis waktu setempat. Lockdown akan diberlakukan hingga tiga minggu ke depan.

"Saya telah memilih untuk mengambil tindakan drastis lebih cepat daripada nanti," kata Perdana Menteri Yunani, Kyriakos Mitsotakis seperti dilansir Reuters, Kamis (5/11/2020).

Lockdown yang akan diberlakukan mulai Sabtu (7/10) di seluruh negeri ini, bisnis ritel akan tutup dengan pengecualian supermarket dan apotek. Warga sipil membutuhkan izin jika ingin berpergian ke luar rumah.

Sekolah dasar akan tetap dibuka, tetapi sekolah menengah akan tutup.

Negara itu telah melaporkan lebih sedikit kasus daripada kebanyakan negara di Eropa, terutama karena lockdown nasional dilakukan pada virus Corona mulai pecah di Eropa pada awal Februari lalu. Lockdown mulai dicabut pada bulan Mei.

Sejak awal Oktober telah terjadi lonjakan kasus infeksi dan telah telah terjadi lonjakan kasus infeksi di Yunani serta telah dilakukan pembatasan. Kepala penasehat ilmiah pemerintah, Sotiris Tsiodras mengatakan peningkatan virus 'sangat agresif'. Hal itu disampaikan kepada PM Mitsotakis.

Yunani mencatat 2.646 kasus positif pada Rabu waktu setempat, penghitungan harian tertinggi sejak kasus pertama muncul. Total kasus Corona di Yunani sebanyak 46.892. Sebanyak 673 orang telah meninggal dunia akibat Corona.

(lir/lir)