Pilpres AS 2020

Ratusan Ribu Surat Suara via Pos Masih Dihitung di 4 Negara Bagian Kunci

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 04 Nov 2020 17:18 WIB
A Philadelphia election worker scans ballots for the 2020 general election in the United States at the Pennsylvania Convention Center, Tuesday, Nov. 3, 2020, in Philadelphia. (AP Photo/Matt Slocum)
Petugas pemilu di Philadelphia, Pennsylvania, sedang melakukan pemindaian surat suara untuk pilpres 2020 (AP Photo/Matt Slocum)
Pennsylvania -

Empat negara bagian kunci yang menjadi medan pertempuran bagi kedua capres Amerika Serikat (AS) masih melakukan penghitungan suara, khususnya untuk ratusan ribu surat suara via pos. Hal ini membuat hasil pilpres AS belum juga diketahui secara jelas hingga saat ini.

Seperti dilansir CNN, Rabu (4/11/2020), empat negara bagian kunci atau battleground states, yakni Pennsylvania, Wisconsin, Michigan dan Georgia, diketahui baru akan melanjutkan penghitungan surat suara via pos pada Rabu (4/11) pagi waktu AS.

Para pejabat pemilu di beberapa negara bagian itu memutuskan untuk menghentikan penghitungan suara via pos pada Selasa (3/11) malam waktu AS dan melanjutkannya pada Rabu (4/11) pagi waktu AS. Sedangkan beberapa distrik di Pennsylvania belum mulai menghitung surat suara via pos hingga Rabu (4/11) pagi.

Surat suara via pos, yang jumlahnya memecahkan rekor untuk pilpres tahun ini akibat pandemi virus Corona (COVID-19), diperkirakan akan menguntungkan capres Partai Demokrat, Joe Biden.

Selama ini, tim kampanye Biden mendorong pendukungnya untuk memberikan suara lebih awal, termasuk via pos. Sementara pemungutan suara secara langsung pada Hari Pilpres 3 November kemungkinan banyak menguntungkan Presiden Donald Trump.

Trump dan sekutunya berulang kali menyerukan agar hasil pilpres dihitung dengan cepat sehingga pemenangnya bisa diumumkan pada malam pemilihan, meskipun secara teknis para pejabat terkait memiliki waktu beberapa hari atau beberapa minggu untuk menyelesaikan penghitungan resmi sebelum jumlah total diresmikan di tingkat negara bagian.

Namun di tiga negara bagian kunci -- Michigan, Pennsylvania dan Wisconsin -- para pejabat pemilu tidak diizinkan untuk memproses surat suara via pos hingga atau sebelum Hari Pilpres 3 November, setelah badan legislatif setempat yang dipimpin Republikan menolak perubahan undang-undang untuk memperbolehkan persiapan lebih awal seperti negara bagian lainnya.

Setelah Biden menyampaikan pidato pada Rabu (4/11) dini hari waktu setempat, yang menyerukan semua pihak bersabar karena petugas terus melakukan penghitungan, Trump menyerang proses penghitungan suara dan mengklaim dirinya menang di beberapa negara bagian kunci yang penghitungannya belum selesai tersebut.

Selanjutnya
Halaman
1 2