Sekelompok Pria Bersenjata Serbu Kampus di Afghanistan

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Senin, 02 Nov 2020 16:29 WIB
Ilustrasi penembakan tentara Israel
Foto: Ilustrasi penembakan (Zaki Alfarabi/detikcom)
Kabul -

Orang-orang bersenjata menyerbu Universitas Kabul, Afghanistan pada Senin (2/11/2020) waktu setempat. Serbuan ini terjadi menjelang pembukaan pameran buku Iran. Mereka melepaskan tembakan dan membuat para mahasiswa berhamburan menyelamatkan diri.

"Musuh Afghanistan, musuh pendidikan... telah memasuki Universitas Kabul," kata Tariq Arian, juru bicara Kementerian Dalam Negeri Afghanistan seperti dilansir AFP, Senin (2/11).

"Pasukan keamanan berada di daerah itu mencoba untuk mengendalikan situasi. Mereka bergerak maju dengan hati-hati untuk mencegah bahaya bagi para mahasiswa," lanjutnya.

Kelompok militan Taliban mengatakan mereka tidak terlibat, tetapi dalam beberapa tahun terakhir, beberapa pusat pendidikan telah diserang oleh kelompok ekstremis seperti ISIS.

Hamid Obaidi, juru bicara Kementerian Pendidikan Tinggi, mengatakan kepada AFP bahwa tembakan meletus ketika pejabat pemerintah diharapkan tiba untuk pembukaan pameran. Dia mengatakan para mahasiswa sedang dievakuasi.

Masooma Jafari, wakil juru bicara Kementerian Kesehatan, mengatakan kepada AFP bahwa empat orang telah dibawa ke rumah sakit tetapi korban dapat bertambah.

Lihat juga video 'AS Memanas Lagi Gegara Penembakan Pria Kulit Hitam oleh Polisi':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2