Cegah Penularan Corona, Portugal Akan Berlakukan Lockdown Sebagian

Eva Safitri - detikNews
Minggu, 01 Nov 2020 05:07 WIB
Ilustrasi bandara Eropa
Ilustrasi (Foto: Airports Council International Europe)
Jakarta -

Portugal mengumumkan akan memberlakukan lockdown sebagian. Lockdown itu akan berlaku mulai Rabu depan untuk mencoba membatasi penyebaran COVID-19.

Seperti di negara-negara Eropa lainnya seperti Inggris dan Prancis, pembatasan akan lebih ringan daripada yang diberlakukan pada awal tahun, tetapi masih akan mempengaruhi sekitar 70 persen populasi.

"Saatnya telah tiba ketika perlu untuk mengambil tindakan yang lebih ketat ... untuk mengendalikan pandemi ini," kata Perdana Menteri Portugal Antonio Costa, seperti dilansir AFP, Minggu (1/11/2020).

Tindakan yang sudah diterapkan selama hampir dua minggu di tiga kotamadya di Portugal utara akan diperluas dari Rabu menjadi 121 komune dari total 308, mencakup sekitar 7,1 juta orang atau 70 persen dari populasi.

Orang akan tetap bisa bekerja jika tidak bisa bekerja dari rumah dan menyekolahkan anak. Toko-toko harus tutup pukul 10 malam dan bisnis harus menerapkan jam kerja yang berbeda-beda.

Data terakhir Portugal pada hari Jumat mencatat 656 kasus virus korona baru dan 40 kematian dengan hampir 2.000 orang menerima perawatan, 275 di antaranya dalam perawatan intensif.

(eva/eva)