Uni Eropa dan NATO Siap Bantu Turki Usai Gempa M 7

Rita Uli Hutapea - detikNews
Sabtu, 31 Okt 2020 09:43 WIB
Rescue workers on a collapsed building after a strong earthquake struck Sivrice town in Elazig province, eastern Turkey, Friday, Jan. 24, 2020. The earthquake rocked a sparsely-populated part of eastern Turkey on Friday, injuring more than 500 and leaving some 30 trapped in the wreckage of toppled buildings, Turkish officials said.(DHA via AP)
kerusakan akibat gempa bumi di Turki (Foto: AP Photo)
Jakarta -

Uni Eropa dan NATO menyampaikan belasungkawa dan menyatakan siap memberikan bantuan kepada Turki dan Yunani usai gempa bumi Magnitudo (M) 7 yang mengguncang wilayah Aegea.

"Mengikuti perkembangan gempa kuat yang melanda Laut Aegea di Yunani dan Turki," tulis Presiden Dewan Eropa Charles Michel di Twitter. "Pikiran saya bersama semua orang yang terdampak," imbuhnya seperti dilansir kantor berita Turki, Anadolu Agency, Sabtu (31/10/2020).

Ursula von der Leyen, kepala Komisi Eropa, juga menyampaikan dukungannya untuk Turki dan Yunani. "Kami mengikuti situasi dan kami siap membantu, dengan segala cara yang mungkin," tulisnya di akun Twitter.

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg juga mengatakan aliansi tersebut siap membantu "sekutunya Yunani dan Turki".

"Saya sangat sedih dengan laporan dari gempa bumi di #Aegea. Pikiran saya tertuju pada semua yang terdampak," katanya di Twitter.

Sementara itu, Tedros Adhanom Ghebreyesus, kepala Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), mengatakan badan kesehatan dunia itu sedang mencermati perkembangan yang terjadi di Turki dan Yunani setelah gempa bumi.

Dalam konferensi video, Tedros mengatakan mereka akan bekerja sama dengan kedua negara untuk memastikan bahwa perawatan medis darurat diberikan kepada mereka yang membutuhkan.

Tedros juga mengharapkan pemulihan yang cepat bagi mereka yang terkena dampak gempa bumi.

(ita/ita)