4 Orang di Pulau Samos Yunani Terluka Dampak Gempa M 7 di Turki

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 30 Okt 2020 21:46 WIB
Gempa M 7,0 Guncang Yunani dan Turki
Gempa M 7,0 Guncang Yunani dan Turki. (Foto: Anadolu Agency via Getty Images/Anadolu Agency)
Jakarta -

Gempa M 7 di Turki terasa hingga Yunani. Dampak dari gempa tersebut, sebanyak empat orang di Pulau Samos, Yunani terluka.

Seperti dikutip dari CNN.com, Jumat (30/10/2020), korban luka dilaporkan setelah guncangan gempa. Presiden Rumah Sait Samos, Nikos Stefanis mengatakan ada empat orang yang dilaporkan cedera ringan.

Selain itu sejumlah bangunan di Pulau Samos dilaporkan rusak. Terparah, kerusakan berada di daerah Karlovasi, di barat laut Samos.

Stefanis mengatakan gempa yang terjadi sangat kuat dan berlangsung lama. Wakil Walikota Samos Giorgos Dionisiou mengatakan bangunan yang runtuh sebagian besar adalah bangunan tua.

Dinas Kebakaran Yunani dalam sebuah pernyataan menyebut hanya kerusakan bangunan yang dilaporkan. Otoritas Yunanti telah mengimbau warga Samos untuk menjauh dari pantai dan bangunan di pulau itu.

Warga juga diminta mengungsi dari rumah mereka selama 48 jam ke depan sebagai langkah antisipasi bencana. Sementara itu, Institut Geodinamika Yunani mengatakan pusat gempa berada di laut 19 kilometer sebelah utara pulau Samos.

Sebelumnya, Foto yang beredar menunjukkan gereja besar di Pulau Samos runtuh. Gempa juga terasa di ibu kota Yunani, Athena.

Lewat Twitter, Presiden Turki Turki Reccep Tayyip Erdogan berharap kondisi segera pulih.

"Semoga lekas pulih ─░zmir," ujar Erdogan.

"Dengan semua sarana negara kami, kami berada di warga kami yang terkena dampak gempa. Kami mengambil tindakan untuk memulai pekerjaan yang diperlukan di wilayah tersebut dengan semua lembaga dan menteri yang relevan," kata Erdogan.

(idn/tor)