Abaikan Protokol Corona, Jutaan Warga India Antre Pemilu Daerah

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 28 Okt 2020 16:42 WIB
Voters stand in a queue to cast their votes outside a polling station at Paliganj, in the eastern Indian state of Bihar, Wednesday, Oct. 28, 2020. Voting began Wednesday in India’s third-largest state of Bihar, the first major election in the country since the pandemic and a test for Prime Minister Narendra Modi’s popularity as he faces criticism on many fronts. (AP Photo/Aftab Alam Siddiqui)
Banyak warga India mengabaikan protokol Corona saat mengantre ikut pemilu daerah di Bihar (AP Photo/Aftab Alam Siddiqui)
New Delhi -

Jutaan warga India rela mengantre demi memberikan suara dalam pemilihan umum (pemilu) daerah yang digelar di negara bagian Bihar pada Rabu (28/10) waktu setempat. Pemilu daerah ini menjadi pemilu terbesar yang digelar sejak pandemi virus Corona (COVID-19) merajalela.

Seperti dilansir AFP, Rabu (28/10/2020), tempat-tempat pemungutan suara di wilayah Bihar penuh sesak dengan para pemilih dan sayangnya, banyak warga mengabaikan imbauan pemerintah untuk memakai masker dan mempraktikkan social distancing saat mengantre.

Sekitar 70 juta orang berhak memberikan suara dalam pemilu daerah di Bihar, yang merupakan wilayah miskin yang dikuasai aliansi yang mencakup Partai Bharatiya Janata (BJP) yang dipimpin Perdana Menteri (PM) Narendra Modi. BJP sebelumnya menjanjikan vaksin Corona gratis untuk setiap orang di Bihar jika partainya menang pemilu daerah.

"Saya sedikit takut karena (virus) Corona bukan penyakit kecil. Namun ada tindakan pencegahan di tempat pemungutan suara. Mereka menyediakan sanitizer dan sarung tangan," ucap seorang mahasiswa Bihar bernama Nidhi Kumari (21), yang ikut mengantre untuk menggunakan hak pilihnya.

Pemilu daerah di Bihar akan digelar selama tiga hari, yang dipecah menjadi Rabu (28/10) waktu setempat kemudian 3 November dan 7 November mendatang. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi kepadatan di tempat-tempat pemungutan suara.

Pelaksanaan pemilu daerah ini bertepatan saat India mencatat nyaris 8 juta kasus Corona di wilayahnya. Kementerian Kesehatan India, seperti dilansir Reuters, melaporkan 43.893 kasus Corona dalam 24 jam terakhir.

Dengan tambahan tersebut, total 7.990.322 kasus Corona kini terkonfirmasi di India. Angka ini tercatat sebagai total kasus Corona terbanyak kedua di dunia, setelah Amerika Serikat (AS) yang mencatat total 8,7 juta kasus.

Selanjutnya
Halaman
1 2