Cetak Rekor Tertinggi, Malaysia Catat 1.240 Kasus Corona Sehari

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 27 Okt 2020 07:48 WIB
Otoritas Malaysia melaporkan 432 kasus COVID-19 baru pada hari Senin (5/10/2020). Angka ini adalah lonjakan kasus infeksi harian terbesar di negara itu.
Ilustrasi -- Petugas medis di Malaysia bertugas di tengah pandemi Corona (AP Photo)
Kuala Lumpur -

Penularan kasus virus Corona (COVID-19) di Malaysia masih terus meningkat. Otoritas Malaysia melaporkan 1.240 kasus Corona dalam sehari, yang mencetak rekor sebagai tambahan kasus harian tertinggi selama pandemi Corona merajalela di negara ini.

Seperti dilansir kantor berita Bernama, Selasa (27/10/2020), Direktur Jenderal (Dirjen) Kesehatan pada Kementerian Kesehatan Malaysia, Dr Noor Hisham Abdullah, dalam pengumuman pada Senin (26/10) waktu setempat melaporkan bahwa 1.240 kasus Corona tercatat dalam 24 jam terakhir.

Angka tersebut mencetak rekor baru untuk tambahan kasus Corona harian tertinggi yang pernah tercatat di wilayah Malaysia.

Dengan lonjakan tersebut, total 27.805 kasus Corona kini terkonfirmasi di wilayah Malaysia. Dari jumlah itu, kasus aktif Corona di negara ini mencapai 9.744 kasus, dengan 94 kasus di antaranya menjalani perawatan medis di Unit Perawatan Intensif (ICU) dan 31 pasien di antaranya membutuhkan bantuan ventilator.

Tambahan kasus terbanyak dilaporkan berasal dari wilayah Sabah, yang menyumbang 927 kasus di antaranya, atau sekitar 74,8 persen dari total kasus baru. Penyebabnya yakni klaster baru yang muncul di sebuah penjara setempat.

"Jumlah kasus di Sabah kembali melonjak karena kasus-kasus positif yang terdeteksi di Penjara Kepayan, yang melaporkan 439 kasus lainnya saat pendeteksian aktif dilakukan di negara bagian tersebut," terang Dr Noor Hisham.

Dilaporkan juga adanya dua kasus impor atau penularan di luar negeri yang melibatkan dua warga negara asing dari Rusia dan Ukraina.

Dalam pengumumannya, Dr Noor Hisham juga melaporkan tujuh tambahan kematian dalam 24 jam terakhir. Total kematian akibat Corona di Malaysia kini mencapai 236 orang.

Sementara untuk jumlah pasien Corona yang sembuh, Dr Noor Hisham melaporkan sedikitnya 691 pasien dipulangkan dari rumah sakit dan fasilitas isolasi dalam sehari terakhir, setelah dinyatakan sembuh dari Corona.

Total secara keseluruhan, sebut Dr Noor Hisham, sudah 17.825 pasien Corona yang dinyatakan sembuh di Malaysia. Ini berarti angka kesembuhan Corona di negara ini mencapai 64,1 persen dari total kasus.

(nvc/lir)