Kasus COVID Meningkat, Italia Perintahkan Restoran-Bioskop Tutup Lebih Awal

Dwi Andayani - detikNews
Senin, 26 Okt 2020 02:59 WIB
Poster
Foto: Edi Wahyono
Jakarta -

Kasus infeksi harian virus Corona di Italia meningkat. Pemerintah memerintahkan bar dan restoran tutup pada sore hari.

Dilansir Reuters, Senin (26/10/2020) aturan ini dilakukan untuk menekan kenaikan angka positif COVID. Selain restoran, tempat lain seperti pusat kebugaran umum, bioskop dan kolam renang juga diminta tutup mulai pukul 6 sore.


Perdana Menteri Giuseppe Conte mengatakan langkah-langkah itu ditujukan untuk melindungi kesehatan masyarakat dan ekonomi. Pengendalian kurva juga disebut perlu dilakukan agar situasi membaik pada saat Natal.

"Kami pikir kami akan sedikit menderita bulan ini tetapi dengan mengertakkan gigi dengan pembatasan ini, kami akan dapat bernapas lagi pada bulan Desember," katanya dalam konferensi pers.

Italia, yang pernah menjadi negara Eropa yang paling terpukul oleh pandemi, telah diambil alih oleh Spanyol, Prancis dan Inggris, tetapi tingkat infeksi telah pulih dengan cepat dan layanan kesehatan mengalami tekanan yang meningkat.

Langkah-langkah baru, yang mulai berlaku Senin, menyusul protes dua malam di Napoli dan Roma terhadap jam malam yang diperintahkan di beberapa wilayah pekan lalu.

Menyadari besarnya biaya untuk mematikan ekonomi, pemerintah berharap untuk menghindari penguncian menyeluruh yang diperintahkan pada fase pertama krisis. Maka ditetapkan untuk meningkatkan pembatasan dengan ketat karena pandemi telah semakin meningkat.

(dwia/dwia)