Bom Bunuh Diri Meledak Dekat Pusat Pendidikan Afghanistan, 13 Orang Tewas

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 24 Okt 2020 22:00 WIB
Ilustrasi: pembunuhan, mayat, bunuh diri, garis polisi, police line
Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Kabul -

Ledakan bom bunuh diri terjadi di dekat pusat pendidikan di Ibu Kota Afghanistan. Akibatnya, 13 orang tewas dan 30 lainnya mengalami luka-luka.

Dilansir AFP, Sabtu (24/10/2020), peristiwa itu terjadi sore ini. Lokasi ledakan berada di distrik barat Kabul. Juru Bicara Kementerian Dalam Negeri Afghanistan, Tareq Arian mengatakan sebelum meledakkan diri, pelaku berencana masuk ke dalam pusat pendidikan.

"Seorang pelaku bom bunuh diri ingin memasuki pusat pendidikan," ujar Tareq.

Menurutnya, pelaku berhasil teridentifikasi oleh petugas. Pelaku kemudian meledakkan diri di sebuah gang dekat dengan pusat pendidikan.

"Tapi dia diidentifikasi oleh penjaga pusat, setelah itu dia meledakkan bahan peledaknya di sebuah gang," katanya.

Hingga kini, belum ada kelompok yang bertanggung jawab atas ledakan bom bunuh diri tersebut. Penduduk di beberapa distrik bagian barat Kabul yang masuk dalam komunitas minoritas Syiah Hazara sering menjadi sasaran esktremis Sunni dari kelompok ISIS.

Dalam beberapa pekan terakhir, kasus kekerasan di Afghanistan mengalami peningkatan. Padahal, saat ini Pemerintah Afghanistan dan Taliban tengah melakukan pembicaraan untuk mengakhiri perang yang selama ini melanda negara tersebut.

(man/maa)