Presiden Polandia Positif Virus Corona

Novi Christiastuti - detikNews
Sabtu, 24 Okt 2020 13:49 WIB
Polish President Andrzej Duda holds a joint news briefing with his Ukrainian counterpart as part of their meeting in Kiev on October 12, 2020. (Photo by VALENTYN OGIRENKO / POOL / AFP)
Andrzej Duda (VALENTYN OGIRENKO/POOL/AFP)
Warsawa -

Presiden Polandia, Andrzej Duda, dinyatakan positif virus Corona (COVID-19). Meski terinfeksi Corona, Presiden Duda menyatakan dirinya merasa baik-baik saja.

"Presiden kemarin menjalani tes untuk keberadaan virus Corona. Hasilnya ternyata positif," tutur menteri kepresidenan Polandia, Blazej Spychalski, dalam pengumumannya via Twitter, seperti dilansir Reuters, Sabtu (24/10/2020).

"Presiden baik-baik saja," imbuhnya.

"Kami terus berkomunikasi dengan layanan medis terkait," sebut Spychalski.

Tidak diketahui secara jelas kapan Presiden Duda terinfeksi Corona. Laporan AFP menyebut Presiden Duda sempat menghadiri sebuah forum investasi di Tallinn, Estonia, pada Senin (19/10) lalu. Dalam forum itu, dia bertemu Presiden Bulgaria, Rumen Radev, yang belakangan menjalani karantina.

Sejauh ini, Polandia melaporkan total lebih dari 300 ribu kasus Corona, dengan 4.172 kematian.

Polandia menjadi salah satu negara Eropa yang mengalami kenaikan kasus Corona dalam beberapa waktu terakhir. Pada Jumat (23/10) waktu setempat, otoritas Polandia melaporkan 13.632 kasus dalam sehari, yang mencetak rekor tertinggi untuk tambahan kasus harian di negara ini.

Dengan lonjakan itu, lebih banyak langkah pembatasan pun diterapkan di Polandia, dengan seluruh wilayah negara itu akan ditempatkan dalam 'zona merah' mulai Sabtu (24/10) waktu setempat.

Di bawah pembatasan itu, restoran setempat tutup sementara kecuali untuk takeaway atau pesan antar. Kemudian hanya maksimum 5 orang dari rumah berbeda yang boleh bertemu di tempat-tempat umum dan pergerakan warga lanjut usia berusia 70 tahun atas dibatasi.

(nvc/rdp)