Debat Capres AS

Diserang Soal Penanganan Corona, Trump Yakin Soal Ketersediaan Vaksin

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Jumat, 23 Okt 2020 09:00 WIB
President Donald Trump gestures while speaking during the first presidential debate Tuesday, Sept. 29, 2020, at Case Western University and Cleveland Clinic, in Cleveland, Ohio. (AP Photo/Julio Cortez)
Foto: Donald Trump (AP/Julio Cortez)
Nashville -

Debat calon presiden Amerika Serikat (AS) terakhir di Nashville telah dimulai. Capres Demokrat, Joe Biden menilai Donald Trump selama ini gagal dalam merespons Corona di negaranya.

Dilansir CNN, Jumat (23/10/2020) Joe Biden membuka debat dengan menyatakan penanganan pandemi virus Corona di AS oleh Presiden Donald Trump harus menjadi bukti bahwa Trump akan dicabut dari jabatannya pada November nanti.

"Anda tidak mendengar apa-apa lagi yang saya katakan malam ini, dengarkan ini: Siapa pun yang bertanggung jawab untuk tidak mengambil kendali, pada kenyataannya, mengatakan pada awalnya saya tidak bertanggung jawab, siapa pun yang bertanggung jawab atas banyak kematian tidak boleh tetap menjadi presiden Amerika Serikat," ujar Biden.

Biden membandingkan penanganan Trump terhadap virus dengan apa yang dia katakan sebagai caranya: Fokus dengan mendorong orang untuk memakai masker dan pengujian virus yang lebih cepat.

"Saya akan memastikan bahwa kami menetapkan standar nasional tentang bagaimana membuka sekolah dan membuka usaha sehingga mereka bisa aman dan memberi mereka sarana, sumber daya keuangan untuk bisa melakukan itu," kata Biden.

Mantan wakil presiden itu juga memperingatkan bahwa yang terburuk dari virus mungkin belum datang, dengan mengatakan negara itu akan "memasuki musim dingin yang gelap" dan Trump "tidak memiliki rencana yang jelas".

Selanjutnya
Halaman
1 2